_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Thursday, 1 March 2018

Crutchlow : Sayap motor tak berguna dan cuma membuang uang

Foto: Mirco Lazzari gp/Getty Images
Jelang bergulirnya MotoGP musim 2018, sayap motor atau yang biasa disebut Winglet menjadi pembahasan yang panas. Salah satu pembalap asal Inggris, Cal Crutchlow bahkan mengatakan sayap pada motor tidak berguna.

Seperti pengemar MotoGP ketahui, bahwa sayap yang dipasang di samping kanan kiri bagian depan motor bertujan untuk keseimbangan motor saat ditikungan dan membuat motor tetap 'lengket' di aspal saat akselerasi.

Pada musim 2016 sempat terjadi pro kontra karena alasan keselamatan. Bagi pihka yang kontra berpendapat bahwa sayap membahayakan pembalap saat bersenggolan, dikhawatirkan akan 'merobek' anggota badan pembalap. Bahkan di kelas Moto2 sayap resmi dilarang.

Untuk kelas MotoGP setelah dilakukan pembahasan lebih lanjut, sayap resmi diperbolehkan pada musim 2017 dengan syarat bahan yang digunakan mudah patah. Tujuannya bila sayap tersebut meyentuh badan pembalap tidak melukai melainkan langsung patah.

"Kita harus akui bahwa Honda kini bisa menjadi yang tercepat. Honda sudah melakukan hal yang lebih baik. Hari pertama saya yang tercepat, lalu Marquez dan Dani Pedrosa di hari terakhir"kata Crutchlow dikutip dari crash usai tes resmi di Sirkuit Buriram, Thailand.

"Kami menjadi yang tercepat dengan motor tanpa sayap. Itu sangat menghemat anggaran dan bagi saya, sayap tidak berguna."tutup pembalap satelit Honda itu. (se)