_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Wednesday, 22 March 2017

Para pembalap baru MotoGP 2017

Foto: Olahan (Mirco Lazzari gp/Getty Images)
MotoGP 2017 ikut diramaikan dengan empat orang rookie, alias pendatang baru. Berikut profil singkat mengenai keempat rider itu.

Ada Alex Rins, Sam Lowes, Jonas Folger, dan Johann Zarco yang bakal menjalani debutnya di kelas primer kejuaraan dunia balap motor grand prix musim ini.

Dari keempat nama tersebut, cuma satu yang sudah menyandang gelar juara dunia pada kelas di bawah MotoGP. Simak selengkapnya dalam paparan berikut.

1. Alex Rins


Rins akan menjalani debutnya di kelas primer bersama tim Suzuki Ecstar. Ia akan berpasangan dengan Andrea Iannone di tim tersebut.

Lahir di Barcelona, Spanyol, pada 8 Desember 21 tahun lalu, Rins merintis karier di kejuaraan dunia balap motor grand prix dengan turun di Moto3 pada 2012.

Di Moto3, Rins yang setia dengan tim Estrella Galicia 0,0 secara berurutan menyudahi musim berada di posisi lima, jadi runner-up, dan kemudian posisi tiga. Delapan kemenangan dalam seri balapan ia raih di kelas itu.

Rins kemudian naik ke kelas Moto2 pada 2015. Bersama tim Paginas Amarillas HP 40, ia menyudahi musim debutnya di kelas itu sebagai runner-up.

Pada musim terakhirnya di kelas Moto2, Rins menempati peringkat tiga di papan klasemen. Secara keseluruhan Rins mencatatkan empat kemenangan di kelas ini.

Dari lima musimnya itu Rins menjalani 88 balapan dengan rincian 12 kemenangan, 40 podium, dan 17 pole.

2. Sam Lowes


Sam Lowes akan menjalani debutnya di kelas primer bersama tim Aprilia Racing Team Gresini. Ia akan berpasangan dengan Aleix Espargaro.

Lahir di Lincoln, Inggris, pada 14 September 26 tahun lalu, Lowes merintis karier di kejuaraan dunia balap motor grand prix dengan turun di kelas Moto2 pada 2014.

Lowes mengakhiri musim debutnya di Moto2 dengan berada di posisi 13. Lowes bikin peningkatan pada musim keduanya, masih bersama tim Speed Up, dengan meraih kemenangan pertama dalam proses menempati peringkat empat klasemen akhir.

Musim lalu Lowes membela tim Federal Oil Gresini dan mampu meraih dua kemenangan di kelas Moto2. Tapi di klasemen akhir ia turun satu posisi ke peringkat lima.

Dari tiga musim di Moto2, Lowes menjalani 54 balapan dengan rincian tiga kemenangan, 11 podium, dan delapan pole.

Lowes juga sempat tampil di British Supersport Championship dan Supersport World Championship. Ia menjadi kampiun British Supersport Championship tahun 2010 dan Supersport World Championship tahun 2013

3. Jonas Folger


Jonas Folger akan menjalani debutnya di kelas primer bersama tim Monster Yamaha Tech 3. Ia bakal berpasangan dengan sesama rookie, Johann Zarco.

Lahir di Mühldorf, Jerman, pada 13 Agustus 23 tahun lalu, Folger merintis karier di kejuaraan dunia balap motor grand prix dengan turun pada beberapa seri balapan 125cc pada 2008.

Musim penuhnya di kelas 125cc dijalani pada 2009. Folger tampil di kelas ini sampai 2013, termasuk dua musim terakhir ketika kelas tersebut bertansformasi jadi Moto3. Ia mencatat dua kemenangan di kelas 125cc/Moto3.

Folger tampil di kelas Moto2 pada 2014 di bawah panji tim AGR. Dua podium menandai debut di kelas ini guna menutup musim di posisi 15. Folger meraih dua kemenangan di musim berikutnya dan finis di posisi enam klasemen akhir.

Pada musim terakhirnya di Moto2, Folger tampil bersama tim Dynavolt Intact GP. Ia menyudahi musim pada peringkat tujuh setelah meraih satu kemenangan.

Dari musim-musimnya tersebut, Folger membukukan 138 balapan dengan rincian hasil lima kemenangan, 23 podium, dan enam pole.

4. Johann Zarco


Johann Zarco akan menjalani debutnya di kelas primer bersama tim Monster Yamaha Tech 3. Ia bakal berpasangan dengan sesama rookie, Jonas Folger.

Lahir di Cannes, Prancis, pada 16 Juli 26 tahun lalu, Zarco merintis karier di kejuaraan dunia balap motor grand prix dengan turun di kelas 125cc pada 2009.

Tiga musim dihabiskan Zarco di kelas tersebut dengan pencapaian terbaik menempati peringkat dua klasemen akhir pada musim 2011, ketika ia juga mencatatkan kemenangan pertamanya di 125cc.

Zarco tampil di kelas Moto2 sedari 2012. Musim debutnya diakhiri dengan berada pada posisi 10 klasemen akhir, tanpa satu kali pun naik podium kendati mampu sekali finis di posisi empat.

Total lima musim dihabiskan Zarco, dengan dua musim terakhir berhasil tampil sebagai kampiun dengan meraih total 15 kemenangan dari kedua musim tersebut.

Dari musim-musimnya tersebut, Zarco sudah tampil dalam 138 balapan dengan rincian hasil 16 kemenangan, 41 podium, dan 19 pole. Plus, tentu saja, dua gelar juara dunia pada kelas Moto2 (de)
sumber:detiksport