_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Monday, 27 February 2017

Pembalap tidak dilibatkan masalah keamanan balapan basah di malam hari



Pembalap baru Tim KTM, Pol Espargaro, heran mengapa para pembalap tidak diajak berunding saat membahas kemungkinan terjadinya balapan hujan pada seri perdana MotoGP 2017 yang berlangsung di Sirkuit Losail,Qatar, pada 20 Maret 2017. Sebab, para pembalap juga berhak memutuskan akan tetap melangsungkan balapan atau tidak.

Sebelumnya, komisi keselamatan MotoGP telah melakukan uji coba di Losail. Mereka melakukan simulasi balapan basah di malam hari dengan cara membasahi lintsan. Dari hasil uji coba itu, Race Direction, yakni Franco Uncini dan Loris Capirossi memutuskan untuk musim dan seri selanjutnya balapan tetap dilangsungkan meskipun hujan.

Selama ini, jika terjadi hujan di Sirkuit Losail, maka balapan dihentikan total. Para peyelenggara MotoGP mengira jika ada air di lintasan maka sinar lampu akan memantul dan itu membahayakan pembalap.

Tetapi Espargaro berpendapat genangan air bisa memantulkan cahaya lampu dan tetap membahayakan pembalap.

"Pada akhirnya nanti seharusnya ini akan menjadi keputusan bersama seluruh pembalap, jadi saya tidak tahu mengapa para pembalap tidak dilibatkan dalam pembahasan tersebut. Padahal kami akan berada di sana, kami akan membicarakannya saat Safety commison meeting hari Jumat,” kata Espargaro, seperti ditulis Motorsport.(ok)