_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Monday, 27 February 2017

MotoGP membebaskan tim mengembangkan sayap asalkan di dalam body motor


Aturan baru yang berlaku pada MotoGP 2017 dianggap beberapa tim akan menyulitkan mereka. Terutama yang berkaitan dengan bagian sayap pada motor. Untuk musim 2017 pihak MotoGP melarang penggunaan sayap tersebut pada bagian luar motor dengan alasan keselamatan dan meminimalisir kecelakaan.

Pengumuman untuk aturan tersebut sebenarnya sudah diumumkan pada pertengahan musim 2016, untuk antisipasi agar tim siap dan mempersiapkan pengganti sayap.

Mike Webb, Race Director, mengatakan bahwa regulasi baru yang diberlakukan di MotoGP terkait penghapusan sayap hanyalah pada bagian luar saja. Setiap tim diperbolehkan memodifikasi motor mereka dengan memindahkan sayap itu ke bagian dalam motor.

Apapun yang termasuk dalam bagian internal, seperti kurungan, pegangan, ventilasi, dan hal-hal seperti itu, mereka tidak termasuk dalam aturan yang dimaksud.  Apapun itu, baik sayap ataupun saluran yang mereka tempatkan di bagian dalam, mereka bebas melakukannya. Mereka dapat melakukan apa yang mereka inginkan,” ungkap Webb, dikutip dari Crash, Senin

Dia menegaskan tidak ada batasan pengembangan untuk sayap internal. Masing-masing tim bebas berkreasi dengan hal-hal yang berhubungan dengan bagian internal, tetapi tidak untuk bagian eksternal.