_

_
LIVE Race silahkan bergabung di saluran BBM C00219FE7, Fanspage SUTUEMPATnet, Instagram : SATUEMPATnet

Sunday, 12 February 2017

Masalah sayap motor Yamaha, kenapa tidak dilarang?

 

foto:getty images
Penyelenggara MotoGP telah resmi  melarang penggunaan sayap motor semua tim pada musim 2017. Pelarangan muncul karena alasan keamanan. Namun Yamaha tetap membuat ‘sayap tersembunyi’ di motor yang akan digunakan musim depan.

Lalu pertanyaannya kenapa tidak dilarang?

Aturan baru meyebutkan melarang semua benda atau bentuk mencuat dari fairing atau bodi, dan tidak terintegrasi dengan alur bodi (misal sayap, sirip, tonjolan, dan lainnya) yang bisa memberikan efek aerodinamika.

"Ketika kami mendiskusikan aturan-aturan baru untuk tahun ini, kami punya dua pilihan. Pertama, aturan yang sangat ketat, sungguh terbatas, dengan dimensi fairing. Dan dengan kemungkinan kita akan berakhir dengan tampilan yang sama untuk setiap motor," kata Direktur Teknik MotoGP Danny Aldridge dikutip dari crash.net

"Ini yang kami tidak mau dan juga pabrikan tidak mau. Jadi, alih-alih itu kami memilih opsi kedua, yang mana menuliskan aturan dengan longgar, tapi memberikan saya kesempatan untuk menentukan apa yang benar dan apa yang tidak,"lanjutnya.

Untuk motor Yamaha sayap memang terletak di dalam bodi motor, sehingga bodi motor kanan dan kiri sedikit terlihat menonjol. Sayap tersembunyi itu telah diuji coba saat tes pramusim di Sirkuit Sepang
Memang awalnya banyak kritik yang ditujukan pada Yamaha. Namun menurut  Aldridge itu sebagai desain yang masih dalam koridor aturan, karena radiusnya hampir merata dari atas hingga bawah.

"Menggunakan Yamaha sebagai contoh, bagi saya itu diperbolehkan karena, meski aturan mengatakan tidak ada tonjolan, alasan saya tak mengategorikan itu sebagai tonjolan adalah karena itu adalah lengkungan yang berkelanjutan, dengan radius serupa dari atas sampai bawah," ujarnya.

"Tidak ada variasi yang nyata dalam sudut lengkungannya. Secara keamanan, itu sempurna, tak ada masalah. Yang kami tidak inginkan adalah benda-benda yang muncul dari fairing di sudut 90 derajat atau dengan perubahan mencolok dalam radiusnya. Yang bisa Anda lihat di Yamaha adalah apa yang kami perkirakan untuk terjadi," tambahnya (de)