_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Wednesday, 4 January 2017

2016, Rossi pembalap paling sedikit terjatuh. Tapi kenapa gagal juara dunia?

foto:sportsindo
Setelah balapan MotoGP 2016 usai, muncul statistik yang menyebutkan siapa saja pembalap yang sering terjatuh selama satu musim. Valentino Rossi adalah pembalap yang paling sedikit terjatuh. Tetapi Dia gagal meraih gelar juara dunia kesepuluh.

Pembalap yang terjatuh bukan hanya dihitung saat balapan di hari minggu saja tetapi terhitung sejak latihan bebas 1, 2 dan 3, kualifikasi juga dihitung. Jadi belum tentu pembalap yang jumlah jatuhnya banyak akan kalah dari segi perolehan poin.

Rossi yang cuma mengalami empat kali terjatuh. Tapi catatan ini amat disayangkan, karena tiga diantaranya terjadi saat Rossi balapan di hari minggu. Artinya, tiga kali pula dia mesti gagal finis dengan nol poin (di GP Amerika Serikat, Belanda, dan Jepang).

Pembalap yang paling banyak terjatuh adalah Cal Crutchlow. Pembalap Inggris ini mengalami jatuh sebanyak 26 kali. Berikutnya adalah Jack Miller dengan 25 kali.


Sedang pembalap Repsol Hinda Marc Marquez memang mencatat 17 kali terjatuh musim ini, tapi kebanyakan dia terjtuh di sesi latihan bebas. (sd)