_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Friday, 23 December 2016

MotoGP keluarkan aturan baru tentang ban. Berlaku musim 2017

foto:crash
MADRID - Persaingan antar pembalap di setiap lomba Kejuaraan Dunia Balap GP Motor (MotoGP), tampaknya bakal semakin sengit dan terbuka pada 2017. Mengapa? Karena Dorna Sport selalu pengelola komersial ajang ini, telah merilis tiga aturan teknis baru terkait ban.

Aturan ini sendiri diumumkan pada Rabu (21/12/2016) dalam rapat internal Komisi Grand Prix di Madrid, Spanyol. Seperti dilaporkan oleh situs resmi MotoGP, rapat ini dihadiri oleh Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna), Ignacio Verneda (FIM), Herve Poncharal (IRTA), dan Takanao Tsubouchi (MSMA), dengan sekretaris Mike Trimby.

Berikut kami sampaikan hasil tiga aturan baru teknis untuk ban di MotoGP 2017, selain dari keputusan Michelin sebelumnya beberapa waktu lalu  yang tidak lagi menyediakan ban intermediate.

1.Deteksi otomatis jenis banBekerjasama dengan Michelin dan setiap tim pabrikan di kategori kelas bergengsi (MotoGP), sistem baru akan diimplementasikan untuk memungkinkan deteksi otomatis dari jenis kompon ban yang digunakan oleh pembalap. Informasi ini akan tersedia untuk semua pembalap dan tim, serta untuk televisi.
*Deteksi penggunaan kompon ban yang digunakan oleh setiap pembalap di lintasan, akan dilakukan oleh sebuah teknologi nirkabel. Informasi ini akan disalurkan ke ECU terpadu, kemudian diteruskan ke pelaporan sistem waktu di lintasan melalui versi terbaru dari perangkat lunak terpadu.

2.Penambahkan jumlah banUntuk mengatasi masalah handicap yang dirasakan oleh dua pembalap yang lolos dari sesi kualifikasi I. Mereka akan mendapat tambahan ban belakang slick berkompon soft pada sesi kualifikasi II. Sedang untuk jumlah total ban yang tersedia untuk setiap pembalap tetap tidak berubah.

3.LampiranDalam informasi yang diungkapkan pada keputusan dari Madrid Grants Commission pada 2 Desember 2016. Dinyatakan bahwa jumlah maksimum ban basah dan kering tetap tidak berubah, itu tidak benar. Mulai 2017, jumlah maksimum ban basah yang tersedia untuk setiap pembalap adalah 5 untuk ban depan dan 6 untuk ban belakang. (Direktur lomba masih dapat menyetujui penambahan untuk ban depan dan belakang ketika semua sesi latihan bebas dan kualifikasi dilakukan dalam kondisi basah).

*Kesimpulan1.Mulai 2017, setiap tim dan pembalap bakal mengetahui kompon ban apa yang tengah dipakai oleh pembalap pesaing. Dengan begitu, setelah membandingkan catatan waktu satu sama lain di sesi latihan bebas, kualifikasi, hingga pemanasan, semakin mengetahui kompon ban apa yang cocok buat mereka gunakan saat lomba.

2.Sebelum 2017, 2 pembalap yang lolos dari babak kualifikasi (BK) I, rentan kehabisan stok ban slick kompon soft (bsks) di BK II. Karena mereka sudah habis-habisan menggunakan stok BSKS buat mencatat waktu tercepat di BK I. Kalau mereka lolos ke BK II dan kehabisan stok BSKS baru, mereka hanya akan menggunakan BSKS sisa dari perjuangan mereka di BK I, yang mana bakal tak maksimal mencatat waktu tercepat di BK II. Alokasi penambahan jumlah BSKS buat 2 pembalap yang lolos dari BK I ke BK II tentu saja bakal disambut gembira. 
sumber:http://sports.sindonews.com/read/1164786/49/persaingan-makin-seru-motogp-2017-umumkan-3-aturan-teknis-baru-1482326399