_

_
LIVE Race silahkan bergabung di saluran BBM C00219FE7, Fanspage SUTUEMPATnet, Instagram : SATUEMPATnet

Saturday, 26 November 2016

Tambahan aturan baru MotoGP 2017

berita motogp Tambahan aturan baru MotoGP 2017
foto:MotoGP
Peraturan baru untuk MotoGP ini sebenarnya sudah sering dibicarakan pada pertengahan musim 2016. Namun Dorna sebagai pihak peyelenggara akan memastikan aturan itu berjalan pada musim depan.

Masih ingatkah Anda dengan Alvaro Bautista yang menabrak mekaniknya di depan garasi tim? Kala itu Bautista akan mengaanti motor dan segera ke lintasan lagi. Namun Dia terpeleset dan menabrak salah satu mekanik tim. Itu terjadi di balapan Jerman.

Dari pengalaman itu, musim depan akan dibuat aturan yaitu, maksimal hanya ada 4 mekanik yang melayani penggantian motor pembalap. Selama ini ada banyak mekanik yang melayani pembalap. Itu aturan kesatu.

Kedua, saat pembalap melakukan pergantian motor, (ini dilakukan saat balapan dari basah menuju kering atau sebaliknya), maka mekanik boleh menekan kopling motor, tetapi, motor harus dalam keadaan netral. Jadi yang memasukkan gigi pembalapnya sendiri.

Aturan itu muncul karena belajar dari peristiwa musim 2016 juga. Ketika itu, Marquez mamasuki pit untuk mengganti motor. Terlihat mekanik menekan kopling, berbagai pihak curiga kalau motor sudah tidak dalam keadaan tidak netral. Namun setelah diinvestigasi, motor Marquez masih netral.

Jika para tim dan pembalap melanggar aturan tersebut diatas, maka akan dikenakan hukuman berupa diskualifikasi (se)