_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Tuesday, 8 November 2016

Sukses tidaknya Yamaha musim depan, dapat dilihat pada tes Valencia

berita motogp Sukses tidaknya Yamaha musim depan, dapat dilihat pada tes Valencia
foto:motorcyclenews
Usai balapan terakhir di Valencia nanti, sejumlah tim dan pembalap menguji coba motor baru untuk balapan MotoGP musim depan. Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi, mengatakan bahwa sukses tidaknya motor Yamaha sudah dapat dilihat pada tes Valencia tersebut.

Balapan MotoGP Valencia akan diselenggarakan 13 November 2016. Perebutan posisi satu dan dua klasmen sudah terkunci atas nama Marc Marquez sebagai juara dunia dan Rossi di posisi dua. Untuk posisi tiga masih bisa diperebutkan oleh Maverick Vinales dan Jorge Lorenzo.

Kembali ke masalah tes Valencia. Rossi pada tes tersebut sudah tidak lagi ditemani Lorenzo, karena pembalap Spanyol itu sudah menguji coba motor bersama Ducati. Lalu sebagai pengganti Lorenzo, ada Vinales yang bergabung Yamaha dengan durasi dua tahun kedepan.

Menurut Rossi, tes Valencia sangat penting karena akan menjadi tolak ukur apakah mesin dan setingan baru motor Yamaha akan bagus dibanding tim lain atau sebaliknya.

"Di tes Valencia nanti kami akan menggunakan setingan dan komponen baru. Ini penting untuk melihat apakah motor baru ini kompetitif dibanding tim lain. Dalam tes ini kami juga akan mengaplikasikan beberapa ide yang akan digunakan tahun depan. Maka itu tes ini sangat penting"ucap Rossi di berita MotoGP Eurosport.

Meskipun penting sebenarnya tes pertama pra musim ini bukan menjadi tolak ukur 100% untuk melihat kesuksesan suatu tim di musim depan. Musim ini, Repsol Honda yang kalah cepat di awal musim, tetapi karena konsisten, bisa melahirkan juara dunia atas nama Marc Marquez. (se)