_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Monday, 28 November 2016

Jalannya balapan GP F1 Abu Dhabi : Rosberg juara dunia 2016

 

Bagi Anda yang pada hari Minggu 27 November kemarin tidak sempat melihat siaran langsung GP F1 seri terakhir Abu Dhabi, SATUEMPATnet akan merangkumkan untuk Anda.


Selepas start, di tikungan pertama terjadi insiden, dimana pembalap Red Bull, Max Verstappen melintir karena bersenggolan dengan pembalap Force India. Terpaksa Verstappen harus berada di posisi terakhir. Luwis Hamilton memimpin diikuti Nico Rosberg, Kimi Raikkonen dan Daniel Ricciardo keempat.


Ini adalah posisi pada saat balapan berlangsung 2 lap. Verstappen sudah bisa menyalip enam pembalap dan duduk di posisi 16. Hamilton nyaman memimpin dan masih diikuti Rosberg dan Kimi.


Ini adalah tayangan ulang di tikungan pertama selapas start, dimana Verstappen meyenggol Nico Hulkemberg.


Kevin Magnusen adalah pembalap pertama yang masuk pit untuk mengganti sayap depan mobil.


Mercedes menerapkan pitstop lebih awal dari pembalap lain. Hamilton diperintah oleh tim masuk pitstop di lap 7. Satu lap berikutnya Rosberg melakukan pitstop. Saat mereka berdua sudah berada di trek, Hamilton masih memimpin, Rosberg 3 di belakang Verstappen.


Jarak antara Rosberg dan Verstappen kurang dari 1 detik. Sebenarnya dilihat dari kecepatan, Rosberg lebih cepat. Namun tim memperingatkan Rosberg untuk tidak menyalip Verstappen. Menurut tim terlalu berbahaya.


Button harus keluar di lap ke-12 karena masalah ban depan kanan. Ini adalah seri terakhir pembalap Inggris itu berada di Formula 1. Musim selanjutnya Button menyatakan pensiun.


Ibu dari Button sudah menyambut di garasi McLaren-Honda dan memberikan pelukan pada putranya tersebut.


Kerena Verstappen lambat, maka Rosberg tidak sabar untuk menyalipnya. dan itu dilakaukan pada lap 21. Tim yang sebalumnya melarang Rosberg menyalip, kini memuji pembalap Jerman itu lewat radio. Rosberg di posisi 2.


Setelah Hamilton dan Rosberg melakukan pitstop kedua, mereka berada di posisi 2 dan 3, sedangkan Vettel memimpin.


Saat balapan tersisa 12 lap, Vettel yang beberapa lap sempat memimpin, melaporkan pada timnya bahwa ban mobilnya mulai menipis. Selapas pit stop, pembalap Jerman itu berada di posisi  di belakang Hamilton, Rosberg dan verstappen juga Ricciardo.


Menggunakan ban baru, Vettel mencetak lap tercepat di tiga sektor. Ricciardo disalipnya untuk mengamankan posisi 4.



Vettel mulai menakan Verstappen untuk mengamankan podium. Akhirnya Verstappen harus meyerahkan podiumnya dan Vettel mulai mendekati Rosberg juga Hamilton. Jarak ketiganya kurang dari 1 detik. Ini membuat para kru Mercedes cemas dan tegang. 

Rosberg memperlihatkan ketenangannya saat ditekan Vettel. Akhirnya posisi Rosberg aman sampai menyentuh garis finis. Rosberg juara dunia Formula 1 2016.

FINIS

Lihat hasil selengkapnya KLIK DISINI