_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Monday, 14 November 2016

Hasil balapan GP F1 Interlagos, Brasil : Mercedes menang di balapan kacau

foto:formula1
Balapan yang kacau, sulit diprediksi tetapi hasilnya seperti balapan kering yaitu dua Mercedes menang dengan Luwis Hamilton pertama dan Nico Rosberg kedua. Pembalap Red Bull Max Verstappen menempati posisi tiga.

Balapan di gelar pada 13 November 2016 pukul 23.00 waktu Indonesia. Balapan di Sirkuit Interlagos ini cukup panjang, kerena keluar bendera merah dan beberapa kali Sfety Car yang membuat 1 lap-nya memakan waktu yang lama. Akhirnya balapan selesai dalam waktu 3 jam.

Ini merupakan kemenangan yang pertama dalam karir Hamilton di Sirkuit dengan jumlah lap 70 tersebut. Dengan hasil ini, Rosberg masih memimpin atas Hamilton 12 poin dan pertarungan akan berlanjut di seri terakhir Abu Dhabi.

Bendera merah dikibarkan 2 kali. Pertama karena kecelakaan yang dialami Marcus Ericcson. Balapan dihentikan selama 20 menit. Kemudian setelah balapan berjalan lagi belum ada satu lap sudah dikibarkan bendera merah lagi karena kecelakkan Kimi Raikkonen.

Jalannya balapan

Start yang ditunda 10 menit akhirnya dimulai dengan dipandu oleh Safety Car karena hujan. Safety Car baru masuk ke pit setelah lap kedelapan. Persaingan langsung terjadi, kamera fokus pada Verstappen yang menyalip Raikkonen untuk posisi 3. Sementara Hamilton dan Rosberg aman di depan.

Korban pertama lintsan basah yaitu Vettel. Pembalap Jerman itu melintir di tikungan cepat terakhir, yang membuatnya terlempar di posisi belakang. Lalu Ericcson yang menabrak pembatas dan membuat Safety Car keluar.

Setelah balapan dimulai lagi, Korban berikutnya, Raikkonen. Ini yang membuat bendera merah pertama dikibarkan. Karena prakiraan cuaca memprediksi akan turun hujan lagi, sempat ada wacana balapan dihentikan. Tetapi itu tidak terjadi dan balapan dilanjutkan masih dipandu Safety Car dan kondisi cuaca gerimis.

Safety Car dan semua pembalap berputar di sirkuit sebanyak 8 lap saat Safety Car belum masuk pit, bendera merah kembali dikibarkan dengan alasan keamanan. Penonton di Sirkuit kecewa dengan ini. Mereka berteriak dan mengacungkan jempol kebawah.

Setelah balapan dimulai, Verstappen langsung bisa meyalip Rosberg untuk posisi dua. Namun Red Bull memanggil kedua pembalapnya untuk megganti ban intermediate. Itu yang membuat Verstappen turun sampai posisi 16. Padahal dua Mercedes yang berada di depan sudah tidak melakukan penggantian ban lagi.

Ada lagi kecelakaan, Felipe Massa menabrak pembatas di trek lurus, persis di depan pintu masuk pit stop. Safety car keluar lagi. Momen massa berjalan di Paddock menuju garasi Williams, cukup mengharukan. Seluruh kru pit tim lain meyalami massa. Ini kerena balapan terakhir Massa di sirkuit kandang.

Setelah Safety Car masuk dan balapan tinggal 15 lap, Verstappen mencetak lap tercepat dan menyalipi para pembalap di depannya hingga mendapat podium 3. FINIS.

Hasil balapan GP F1 Interlagos, Brasil


Hasil balapan GP F1 Interlagos, Brasil : Mercedes menang di balapan kacau
sumber:formula1