_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Tuesday, 8 November 2016

Aturan baru, pembalap dilarang menggunakan Skuter di MotoGP

berita motogp Aturan baru, pembalap dilarang menggunakan Skuter di MotoGP

Aturan yang aneh memang, setelah seri Sepang lalu, pembalap MotoGP khususnya yang masih muda atau kelas Moto3 dilarang menggunakan Skuter di lintasan. Aturan itu dibuat karena Skuter sudah menimbulkan korban.

Sebelum memulai balapan, biasanya para pembalap dan tim melakukan pengecekan pada lintasan terutama setiap tikungan mereka perhatikan. Untuk mengelilingi Sirkuit para pembalap dan kru ada yang jalan kaki, bersepeda dan naik Skuter.

Di Sirkuit Sepang ternyata terjadi peristiwa kecelakaan yang melibatkan pembalap Moto3, Fabio Spiranelii dan Tatsuki Suzuki. Itu terjadi ketika keduanya mengendarai skuter.

Setelah kejadian, pihak peyelenggara MotoGP behkan melarang penggunaan Skuter di Sirkuit. Hal itu sempat membuat heboh kalangan MotoGP, namun ternyata larangan itu hanya untuk pembalap Moto3 atau pembalap muda saja.

Di beritakan oleh media Jerman, Speedweek bahwa para pembalap muda terlalu antusias saat inspeksi lintasan, maka itu rawan kecelakaan. 

"Atas kejdian itu, kami akan membuka lintasan lebih awal yaitu sekitar 3 atau 4 jam, agar mereka tidak terburu-buru. Dan mereka diwajibkan berjalan kaki"kata Mike Trimby selaku CEO dari IRTA (se)