_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Wednesday, 14 September 2016

Sayap 'Diharamkan', Ducati Buat Senjata Baru

Sayap 'Diharamkan', Ducati Buat Senjata Baru

Ducati sebenarnya sangat geram dengan dilarangnya penggunaan sayap pada motor MotoGP. Sayap yang kita lihat di atas roda depan musim ini adalah hasil karya Ducati. Sekarang tim merah mencoba melupakan dan membuat 'senjata' baru yang masih berkaitan dengan Aerodinamika.

Sudah beberapa musim ini penggunaan sayap selalu menjadi kontroversi. Ada yang bilang sayap tersebut membahayakan ada yang mengatakan membuat motor lebih melekat di aspal terutama untuk akselerasi saat keluar dari tikungan.

Musim ini khusus MotoGP diijinkan namum kelas dibawahnya, Moto3 dan Moto2 sudah 'diharamkan'. Musim 2018, penggunaan sayap Resmi dilarang. Para petinggi Ducati sudah melakukan banding terkait masalah ini, namun tetap saja, pihak penyelenggara MotoGP tidak melegalkan.

Sekarang Ducati terus mencari cara yang berkaitan dengan Aerodinamika agar motor lebih cepat dan stabil. Sepertinya mereka telah menemukan cara baru agar motor mampu bersaing dengan Yamaha dan Honda yang kini memimpin.

Dalam sejumlah foto yang dilansir GPOne, memperlihatkan ada sesuatu yang baru dari bagian belakang motor Pirro. Ya, Ducati datang ke Misano dengan sebuah roda belakang yang aneh, karena bagian jari-jarinya hampir tertutup, tidak menampilkan bentuk velg racing sebagaimana biasanya. Mungkin terlihat seperti roda lenticular  yang digunakan dalam cabang balap sepeda, khususnya nomor time trial. dikutip dari Sportsindo.

Hasilnya, Dua pembalap Ducati pada sesi kualifikasi sudah sangat dekat dengan Yamaha dan Honda. Hanya berjarak 0.024 dari Marc Marquez yang berada di posisi empat. (se)