_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Thursday, 8 September 2016

F1 Dijual, Anda Mau Beli?


Liberty Media Corporation telah menyepakati pemgambilalihan bisnis global balapan Formula 1 dari tangan CVC Capital Partners. Nilainya mencapai Rp 57,5 triliun.

Dalam pernyataan resminya, Liberty Media menyatakan mereka akan mengakuisisi 100 saham Delta Topco, yang merupakan perusahaan induk Formula 1. Kesepakatan ini menyudahi isu yang sudah ramai sejak bulan lalu bahwa kepemilikan F1 akan berpindah tangan.

Mayoritas saham F1 sebelumnya ini dipegang oleh CVC Capital Partners, sebuah perusahaan ekuitas yang bermarkas di Luxembourg. Skysports menyebut nilai pembeliannya akan mencapai angka 6 miliar poundsterling. Berdasarkan kurs hari Kamis (8/9/2016) ini, jumlah tersebut setara dengan Rp 57,5 triliun.

Liberty Media Corporation (Liberty Media) dan CVC Capital Partners mengumumkan hari ini kalau Liberty Media telah sepakat untuk mengambil alih Formula 1, bisnis motorsport global yang ikonik, dari konsorsium yang dipimpin oleh CVC," demikian termuat dalam rilis yang termuat di situs Liberty Media.

Proses pembelian ini termasuk utang F1 yang saat ini bernilai US$ 4,1 miliar.

Liberty Media juga mengungkapkan kalau mereka sudah menguasai saham minoritas F1 sejumlah 18,7% dalam transaksi senilai US$ 746 juta. Sisa sahamnya akan mereka kuasai paling cepat di caturwulan pertama 2017.

Supremo F1, Bernie Ecclestone, akan bertahan di posisinya sebagai CEO. Perubahan jabatan strategi akan terjadi pada posisi chairman F1 dari sebelumnya dimiliki Peter Brabeck-Letmathe ke tangan Chase Carey (yang saat ini menjabat wakil presiden 21st Century Fox).

"Saya mengucapkan selamat datang pada Liberty Media dan Chase Carey ke Formula 1 dan saya antusias bekerja sama dengan mereka," ucap Ecclestone menanggapi akuisisi tersebut.

Dalam wawancaranya dengan Reuters, Bernie mengklaim kalau dirinya diminta bertahan di F1 paling tidak tiga tahun lagi oleh pemilik baru.(de)
sumber:http://sport.detik.com/f1/d-3294303/disepakati-seharga-rp-575-triliun-f1-bakal-berpindah-tangan-ke-perusahaan-as