_

_
LIVE Race silahkan bergabung di saluran BBM C00219FE7, Fanspage SUTUEMPATnet, Instagram : SATUEMPATnet

Saturday, 27 August 2016

Macam Bendera di MotoGP dan Artinya


BALAPAN MotoGP menuntut kecepatan tinggi yang ditunjukkan oleh para pembalap. Saking cepatnya, tak mudah untuk berkomunikasi dengan pembalap yang sedang berada di lintasan. Oleh karena itu diciptakan beberapa sinyal yang penting diketahui oleh para rider.

Bendera Hitam



Bendera hitam biasanya muncul berbarengan dengan nomor start pembalap di sisinya. Arti dari bendera hitam ini adalah pembalap yang keluar nomor start-nya tersebut terkena diskualifikasi. Biasanya ada kesalahan yang dilakukan sang pembalap sehingga dirinya didiskualifikasi.

Bendera Hitam dengan Lingkaran Jingga

Bendera ini memberikan informasi kalau motor yang digunakan seorang pembalap bermasalah dan
membahayakan rider lain. Misalnya, terjadi kebocoran pada mesin yang membuat oli bercecer di lintasan
.
Bendera Putih



Saat bendera ini muncul, pembalap diperbolehkan untuk mengganti motor di pit. Biasanya bendera ini muncul saat terjadi perubahan pada kondisi cuaca. Ya, saat balapan terjadi di kondisi flag-to-flag, dimana pada balapan trek yang tadinya basah menjadi kering.

Bendera Putih Silang Garis Merah



Menandakan ada hujan yang terjadi pada daerah tersebut. Jika bendera ini dikombinasi dengan bendera garis merah dan kuning, menginformasikan kalau seluruh lintasan trek sudah basah atau balapan sudah berstatus wet race.

Bendera Biru



Bendera biru akan keluar jika ada pembalap yang di-overlap. Bendera ini memberi tahu kepada pembalap yang akan di-overlap agar segera minggir  dari racing line. Pembalap yang di-overlap harus keluar racing line agar tidak mengganggu pembalap di barisan depan.

Bendera Kuning



Jika bendera ini keluar sebelum start, menginformasikan kalau race akan ditunda. Sedangkan jika bendera dikibarkan saat race, berarti ada insiden yang terjadi di depan. Pembalap harus berhati-hati dan bersiap untuk berhenti. Menyalip saat bendera kuning dikibarkan tidak diperbolehkan!

Bendera Merah



Bendera merah berarti lomba dihentikan karena alasan tertentu. Biasanya terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan fatal dan menjadi bahaya untuk pembalap lain. Atau bisa juga karena alasan teknis dan non teknis lainnya.

Chequered Flag



Ini berarti bendera finish yang menyatakan balapan sudah usai.

Bendera Hijau



Bila bendera ini dikibarkan, maka menandakan bahaya telah teratasi. Pembalap telah melewati bahaya dan larangan pada bendera kuning pun dicabut.

Bendera Merah dengan Lampu Merah

Jika bendera merah keluar, para pembalap harus memasuki pit stop dengan perlahan. Sinyal lampu merah dinyalakan agar pembalap tidak meninggalkan pit stop sampai bendera merah tak lagi dikeluarkan.

Lampu Berwarna Hijau

Terdapat beberapa fungsi dalam penggunaan lampu hijau. Penggunaan yang pertama terjadi ketika pembalap ingin keluar dari pit lane. Lampu hijau mengindikasikan bahwa kondisi lintasan aman. Sementara penggunaan yang kedua adalah dimulainya sesi putaran pemanasan.

Lampu Berwarna Merah

Sinyal terpenting dalam balapan MotoGP menyala antara dua sampai lima detik. Ketika lampu mati, maka balapan MotoGP langsung dimulai. Dalam awal balapan MotoGP tak ada lampu hijau sebagai tanda memulai balapan. Sementara pada masa latihan bebas lampu merah digunakan untuk memberi tahu pembalap bahwa waktu sudah habis. (oz)
sumber : http://sports.okezone.com/read/2016/08/27/38/1474343/sportpedia-makna-bendera-dan-tanda-di-motogp

No comments:
Write komentar