_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Thursday, 4 August 2016

Ini Usia Maksimal Pembalap MotoGP Harus Pensiun

 

Ini Usia Maksimal Pembalap MotoGP Harus Pensiun

Setelah beberapa hari lalu diberitakan syarat usia minimum untuk pembalap bisa masuk MotoGP, kini ditetapkan juga usia maksimal untuk membalap di ajang bergengsi dunia tersebut.

MotoGP sangat diminati di Indonesia, bahkan mengalahkan Formula 1. Tetapi mungkin banyak penggemar MotoGP yang kurang tahu berapa usia maksimal untuk pensiun dari balapan tersebut. Sosok yang lekat dengan MotoGP yaitu Valentino Rossi kini usianya 37 tahun, tapi masih kompetitifmelawan pembalap-pembalap muda.


Rossi merencanakan pensiun dalam usia 40 tahun. Tapi itu rencana dari seorang manusia. Kedepannya kita semua tidak tahu. Banyak pembalap diatas usia 35 tahun memilih pensiun dengan pertimbangan, sudah tidak kompetitif, kekuatan fisik yang menurun dan lain sebagainya.

Khusus Rossi, banyak yang khawatir Dia akan pensiun dalam beberapa tahun kedepan. Bukan hanya fans yang khawatir, Dorna sebagai pemegang hak komersial MotoGP juga mengkhawatirkan hal tersebut. Alasannya kita mungkin tahu, tidak seru jika tidak ada Rossi.  Ttu pendapat fans. Bagi Dorna, pendapatan akan menurun seiring turunnya popularitas MotoGP.

Menurut regulasi yang dikeluarkan Federasi Internasional Motorsport (FIM), pembalap sudah tidak boleh membalap jika usianya diatas 50 tahun. Kalau masih dibawah 50 tahun sah-sah saja membalap di MotoGP, kecuali pembalap tersebut mengundurkan diri.

Dengan kabar ini, maka para fans Rossi akan sedikit tenang. Karena pembalap Italia itu masih mempunya banyak waktu untuk menentukan kapan pensiun di ajang balap motor dunia itu (oze)