_

_
LIVE Race silahkan bergabung di saluran BBM C00219FE7, Fanspage SUTUEMPATnet, Instagram : SATUEMPATnet

Friday, 12 August 2016

Tikungan Red Bull Ring Dirubah. Karena Saran Rossi?

Tikungan Red Bull Ring Dirubah. Karena Saran Rossi?

Sirkuit Red Bull Ring mengalami sedikit modifikasi terkait masalah keamanan. Sebelumnya Pembalap Movistar Yamha, Valentino Rossi mengkritik tikungan tersebut karena dianggap membahayakan para pembalap.

Sejak terakhir digunakan 1997, Sirkuit Red Bul Ring ini belum pernah menggelar balapan MotoGP lagi. Setelah diputuskan musim 2016 ini digunakan, maka pada bulan Juli lalu para pembalap melakukan uji coba di Sirkuit milik Red Bull ini.


Dari hasil uji coba di temukan beberapa fakta bahwa tikungan 10 masih membahayakan untuk pembalap MotoGP, dengan alasan antara lintasan dan pembatas terlalu dekat jaraknya. Valentino Rossi sebelum itu juga berulang kali menyarankan tikungan tersebut harus dirubah agar tidak menimbulkan korban.

Tetapi perubahan tersebut bukan atas saran Rossi, namun beberapa pembalap sudah berdiskusi dengan Franco Uncini Safety Officer Federasi Motor Internasional (FIM). Dan disepakati bahwa tikungan 10 dirubah.


FIM dan para pembalap sepakat bahwa lebar tikungan 10 akan dikurangi dari 13 me menjadi 10 m. Hal ini bertujuan agar kecepatan para pebalap berkurang  ketika mereka keluar dari tikungan.
Karena perubahan ini catatan waktu dalam sesi tes pada bulan Juli lalu tidak lagi dianggap relevan. Begitu berita MotoGP di situs resmi MotoGP.(des)