_

_
LIVE Race silahkan bergabung di saluran BBM C00219FE7, Fanspage SUTUEMPATnet, Instagram : SATUEMPATnet

Tuesday, 23 August 2016

2017 : Mekanik Boleh Tekan Kopling, Dilarang Memasukkan Gigi dan Harus Pake Helm


Ada beberapa kejadian di musim ini untuk referensi aturan di musim depan. Semuanya berkaitan dengan pit stop para pembalap MotoGP. Masalah menekan kopling, memasukkan gigi dan juga kru harus pake helm.

Kita semua sudah saksikan pro kontra pada balapan Jerman. Dimana balapan berlangsung flag to flag yaitu di pertengahan lomba ada pergantian motor, karena sirkuit dari basah menuju kering.

Pada saat itu para pembalap mengganti motornya termasuk Marc Marquez. Selesai balapan para kru Honda khususnya mekanik yang memegangi motor marquez tertangkap kamera menekan kopling. Maksudnya adalah agar Merquez cepat dalam berpindah dari motor pertama ke motor kedua dan langsung memesukkan gigi.


Yang jadi pertanyaan, apakah itu legal, tidak melanggar aturan? Setelah pihak panitia melakukan Investigasi, dinyatakan itu legal. Yang tidak diperbolehkan adalah kru memesukkan gigi motor, karena gigi motor harus netral dan pembalap sendiri yang memasukkan. 

Marquez sendiri mendapatkan kemenangan pada balapan itu. Jika kru menekan kopling dan juga memasukkan gigi, maka kemenangan Marquez terancam dibatalkan.

Ada juga kejadian menarik. Pembalap Aprilia Gresini, Alvaro Bautista di balapan Argentina lalu. Saat pergantian motor menabrak kru tim sampai terjatuh.


Dari kejadian-kejadian tersebut, Komisi Keamanan Grand Prix memutuskan bahwa demi keamanan, mulai musim depan. 1. Minimal 4 Kru tim diwajibkan memakai Helm. 2. Kopling boleh ditekan saat mempersiapkan motor kedua untuk pembalap. 3. Gigi motor dalam keadaan netral, harus pembalap yang memasukkan. Semua aturan itu mulai berlaku musim 2017. (se)