_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Sunday, 17 July 2016

Tikungan Maut Barcelona Akan Kembali Digunakan

Tikungan Maut Barcelona Akan Kembali Digunakan

Sirkuit Barcelona, Spanyol ada rencana dikembalikan seperti semula layoutnya oleh Federasi Otomotif Internasional (FIM). Sebelumnya layout dirubah menyusul kecelakaan di tikungan 11 yang menyebabkan pembalap Moto2 meninggal dunia.

Luwis Salom adalah pembalap yang meninggal pada seri Barcelona musim ini. Pembalap muda tersebut meninggal saat sesi latihan bebas dua di tikungan 11. Dengan adanya kejadian itu, pihak penyelenggara menghilangkan tikungan tersebut dan mengganti layout Sirkuit dengan layout yang bisanya digunakan Formula 1 (F1). Sehingga latihan bebas 3 dan 4, kualifikasi juga pada waktu balapan sudah menggunakan layout F1. Namun ada pro kontra dengan kebijakan ini

Tikungan maut itu memang layak dirubah, karena antara lintasan dan pembatasnya tidak ada gravel (krikil yang tersebar di luar trek) sehingga jika pembalap terjatuh, begitu keras menghantam pembatas, itu yang kesatu. Kedua jarak anatara pembatas dan lintasan terlalu dekat.

Tetapi baru-baru ini Franco Uncici, selaku petugas keamaan FIM, menyatakan ingin mengembalikan atau dipakai kembali tikungan tersebut dengan adanya perubahan dan perbaikan yang membuat tikungan itu aman untuk para pembalap

"Ada rencana untuk mengembalikan tikungan itu, namun rencana ini akan memakan banyak biaya karena ada beberapa perubahan agar layak dan aman digunakan"kata Uncici dilansir motorsport.(oz)