_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Monday, 4 July 2016

Pembalapnya Sering Tabrakan, Mercedes Terapkan Team Order?

Pembalapnya Sering Tabrakan, Mercedes Terapkan Team Order?

Dua pembalap Mercedes, Nico Rosberg dan Luwis Hamilton sering terlibat insiden di lintasan untuk memperebutkan posisi terdepan yang mengakibatkan tim dirugikan. Dengan seringnya kejadian itu, pihak Mercedes mempertimbangkan memberlakukan teaam order.

Terakhir dan mungkin bukan yang terakhir, terjadi di balapan Austria 3 Juli 2016. Pada lap terahir Hamilton yang berada di posisi 2, berusaha menyalip Rosberg yang sedang memimpin. Rosberg akhirnya mengalami patah sayap dan hanya finis di posisi 4.

Mercedes tentu menginginkan posisi 1 dan 2 disetiap balapan. Namun itu tinggal harapan. Juga dimusim ini di Sirkuit Catalunya, Barcelona, keduanya tidak finis di lap awal karena bertabrakan. Musim lalu, di Belgia juga terjadi hal serupa.

Team order adalah dimana tim bisa mengatur para pembalap untuk tidak saling berebut posisi, atau biasanya pembalap yang mempunyai poin banyak yang diutamakan di depan. Ini yang kemungkinan akan diterapkan di Mercedes.

"Saya tidak menyalahkan salah satu pembalap. Kerena mereka diam pun kita bisa melihat dari data telematri"ucap bos Mercedes F1 Toto Wolff  di Crash.net.

Wolff mengatakan, untuk mencegah ini terjadi, mungkin dimasa depan dengan terpaksa akan diberlakukan team order. (de)