_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Wednesday, 27 July 2016

Motor Lambat, Tapi Marquez Memimpin Klasmen

Motor Lambat, Tapi Marquez Memimpin Klasmen

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez untuk musim ini memimpin klasmen pembalap sementara, padahal jika keadaan normal motornya kalah cepat dari Yamaha. Dan kini Yamaha tertinggal dari Honda meskipun secara matematis masih bisa mengjar dan mengambil alih puncak klasmen diakhir musim.

Pada tes pramusim, Honda kalah dari dua pembalap Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo. Jaraknya sampai 1.3 detik. Suatu jarak yang cukup jauh. Namun keberuntungan dan kekonsistenan Marquez yg membuatnya memuncaki klasmen.

"Tes pramusim di Sepang sangat, sulit. Terutama karena perangkat elektronik. Bagi Marquez, perkembangannya terhadap perangkat elektronik tersebut sangat besar. Tapi dia belum 100% puas dengan motornya, tapi performanya cukup stabil," ucap Manajer Honda, Livio Suppo.

Tampil dengan sangat hati-hati di setiap seri dan tidak konsistenya pembalap Yamaha adalah penyebab Honda lebih uunggul. Yamaha memenangi 5 balapan musim ini, sedangkan Honda cuma 3 kali.  Tapi karena Lorenzo mengalami masalah ban dan Rossi 3 kali terjatuh membuat Yamaha kalah di klasmen konstruktor.

Kekonsistenan Marquez juga belajar dari kegagalan meraih titel juara dunia dunia musim lalu. Musim 2015, pembalap Spanyol itu terlalu berambisi ingin menang, itu yg membauatnya sering terjatuh.

Kini Marquez memimpin 48 poin dari Lorenzo yang berada di posisi dua. Rossi berjarak 59 poin dari Marquez. Tapi musim ini masih menarik untuk disaksikan, karena dalam balapan apapun masih bisa terjadi. (des)