_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Wednesday, 13 July 2016

Michelin Ciptakan Ban Khusus, Untuk Sachsenring

Michelin Ciptakan Ban Khusus, Untuk Sachsenring

Pemasok utama ban MotoGP, Michelin, memberi perhatian khusus untuk balapan Sachsenring, Jerman akhir pekan ini. Piero Taramasso Manajer Michelin mengatakan akan mengenalkan ban asimetris terbaru yang memudahkan pembalap saat di lintasan.

Berbeda dengan sirkuit-sirkuit lainnya, untuk Sachsenring tikungan banyak kekiri. Itu menyebabkan ban akan cepat panas dan habis di sisi kiri. Untuk itu produsen ban asal Prancis tersebut mengantisipasi dengan membuat ban yang lebih tahan atau seimbang pada balapan akhir pekan nanti

"Kami ciptakan ban khusus untuk Sachsenring karena di sirkuit ini ban menerima banyak panas di sisi kiri. Hasilnya ban akan cepat habis disisi kiri"kata Taramasso di crash.net

Ban asimentris ini merupakan ban yang pertama kali yang diproduksi Michelin. Ini adalah jawaban dari kritikan pembalap selama ini terutama masalah daya cengkram.

"Kami pertama kali membuat ban belakang asimetris, yaitu di mana sisi kiri lebih keras untuk mengatasi panas yang berlebih. Sisi kananya juga akan dibuat lebih lembut agar cepat panas. Ini untuk memudahkan para pembalap saat menikung ke kanan,” pungkasnya.(oz)