_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Sunday, 24 July 2016

Melanggar Atura FIA, Rio Tetap Bisa Membalap

Melanggar Atura FIA, Rio Tetap Bisa Membalap

Pembalap Indonesia yang bergabung dengan tim Manor, Rio Haryanto tetap bisa membalap di Hungaria, meskipun tidak memenuhi persyaratan yang diwajibkan oleh Federasi Otomotif Internasional

Kualifikasi yang dilaksanakan pada Sabtu, 23 Juli 2016 berjalan hampir dua jam. Itu karena cuaca yang tidak bersahabat hujan deras mewarnai sesi kualifikasi Empat kali bendera merah dikibarkan, 11 pembalap tidak bisa menyelesaikan kualifikasi salah satunya adalah Rio.

Rio di sesi pertama atau Q1 tidak bisa melanjutkan sesi tersebut karena mobilnya terpeleset dan menghatam lintasan. Akibatnya Dia tidak bisa melanjuttkan sesi Q2 juga Q3 karena harus menjalani pemeriksaan kesehatan. Tapi Rio tidak mengalami cidera.

Menurut aturan FIA poin 35.1 menyebutkan bahwa sepanjang kualifikasi pertama (Q1), setiap pembalap yang waktu lap terbaiknya di luar 107% dari waktu tercepat atau gagal mencetak waktu, maka tak diizinkan mengikuti lomba. Namun, peraturan tersebut dikesampingkan, alasannya  ada 11 driver yang gagal memenuhi batas kualifikasi dikutip dari okezone.

Para pembalap yang mengalami hal serupa dengan Rio adalah Daniel Ricciardo, Max Verstappen, Nico Hulkenberg, Valtteri Bottas, Sergio Perez, Jolyon Palmer, Felipe Massa, Kevin Magnussen, Marcus Ericsson, dan Pascal Wehrlein. Atas pertimbangan banyaknya pembalap itu maka FIA 'melanggar' aturan yang dibuatnya sendiri. Dengan membolehkan pembalap-pembalap itu berlomba pada hari minggu (oz)