_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Monday, 18 July 2016

Marquez Menang Menggunakan Motor Yang Hancur, dan Disusun Kembali

Marquez Menang Menggunakan Motor Yang Hancur, dan Disusun Kembali

Balapan yang dramatis bagi pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. Bagaimana tidak, motor yang digunakannya adalah motor yang telah digunakan jatuh saat sesi pemanasan di pagi hari.

Marquez memang mendapatkan start terdepan pada balapan Jerman. Tetapi pembalap Spanyol itu perlu perjuangan keras saat balapan untuk mendapatkan kemenangan. Dengan kondisi hujan, Dia sempat terlempar diluar sepuluh besar dan hampir terjatuh saat motornya tidak bisa dikendalikan masuk ke gravel, tapi akhirnya menang.

Bukan hanya pada balapan perjuangan Marquez dan tim Honda. Sebelum balapan dimulai pada sore hari, Marquez terjatuh di sesi pemanasan pagi hari di tikungan cepat. Akibatnya motornya hancur. 

Setiap pembalap dijatah 2 motor pada setiap seri, jika terjatuh sampai dua kali maka pembalap diam menunggu motor diperbaiki. Seperti Lorenzo yang tidak bisa menuntaskan kualifikasi karena Lorenzo dua kali terjatuh di kualifikasi.

Kalau dua motor hancur di hari sabtu atau sesi kualifikasi, para mekanik masih punya waktu 24 jam untuk menyusun kembali. Namun motor Marquez hancur di hari minggu siang dan tim hanya punya waktu 2 jam untuk menyusun kembali motor tersebut.

Marquez Menang Menggunakan Motor Yang Hancur, dan Disusun Kembali

Motor pertama yang digunakan saat start oleh Marquez adalah motor normal. Saat itu balapan basah dan dipertengahan balapan lintasan kering. Seperti biasa, semua pembalap mengganti motor. Nah, motor kedua Marquez ini yang dipagi hari hancur, tapi akhirnya mengantarkannya menang.

Hasil menyusun kembali motor yang baru saja hancur itu cuma dicoba satu putaran oleh Marquez. Mekanik sebanarnya juga masih khawatir kalau-kalau ada masalah atau ada krikil yang terselip pada mesin.

Bos Honda Livio Suppo memuji kerja mekanik yang sangat cepat dan sempurna "Yang telah dilakaukan mekanik Marquez itu mengagumkan, menyusun motor dengan waktu yang sangat singkat" (se)