_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Monday, 25 July 2016

Manor Tentukan Masa Depan Rio 2 Hari Lagi

Manor Tentukan Masa Depan Rio 2 Hari Lagi

Selalu jadi perbincangan dari awal musim sampai sekarang, masa depan pembalap Indonesia, Rio Haryanto akan diputuskan hari Rabu atau dua hari lagi oleh tim Manor Racing

Dengan status pay driver Rio harus membayar sejumlah uang untuk bisa membalap di Formula 1. Uang yang harus dibayarkan adalah 15 juta Euro atau setara Rp 215 Milyar. 

Sebenarnya semua pembalap juga membayar saat masuk ke Formula 1. Pada dasarnya bukan membayar, tapi semua pembalap wajib membawa sponsor. Kenapa Rio terkesan beritanya besar masalah pembayaran? itu karena Pemerintah, DPR dan Perusaahaan di Indonesia tidak maksimal membantu Rio.

Berbeda dengan pembalap Jerman, Spanyol, Inggris, Australia dan Negara-Negara yang warga negaranya mengikuti ajang F1. Mereka terkesan adem ayem padahal merek juga membayar untuk masuk F1. Perbedaannya yaitu Negara-negara tersebut maksimal membantu pembalapnya dan memberikan dana cukup. Maka beritanya tidak sampai sebesar Rio tentang pendanaan.

Sebagai bentuk dukungan untuk Rio, Pertamina menjadi sponsor Rio dengan dana sebanyak lima juta euro dari dana yang dibutuhkan oleh Rio. Total dana yang sudah dibayarkan Rio berjumlah 8 juta euro, dengan 3 juta euro lainnya datang dari Kiky Sport.

Dana itu masih kurang dan manajeman Rio selalu diberikan kesempatan waktu untuk melunasinya. Tapi 11 seri sudah berjalan dan dana belum juga lunas. Kabar bahwa Rio akan digantikan dengan pembalap lain selalu berhembus.

Masalah masa depan Rio di F1, Pertamina sebagai sponsor telah mengirimkan surat resmi. Mereka akan segera mendapatkan jawaban.

"Kami dari pihak Pertamina sudah mengirim surat secara resmi ke Manor, agar bisa diberi konfirmasi secara resmi apakah Rio bisa dipertahankan sampai akhir musim. Sebab, dari sisi prestasi sudah cukup baik dan potensial," kata VP Corporate Communication PT Pertamina, Wianda Pusponegoro, dikutip dari detiksport

"Pertamina juga ada di belakang Rio, kami tak pernah miss pembayaran. Kami masih menunggu termin pembayaran terakhir sebesar 250 ribu euro," imbuhnya. 

"Manor akan menjawab surat secara resmi di hari Rabu, sebelum balapan di Jerman. Itu yang saat ini masih kami tunggu," kata Wianda.

"Sinyal dengan Manor sangat sangat positif. Mereka butuh waktu sampai Rabu," tambahnya.

Winda juga merharap agar ada pihak yang membantu pendaanaan Rio agar tetap bisa membalap sampai akhir musim di ajang baling bergengsi dunia ini

"Kami berharap semua pihak bisa membantu, Rio bukan cuma milik bangsa Indinesia bukan cuma Pertamina," harapnya.  (de)