_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Wednesday, 13 July 2016

Komentar Rossi Tentang Ban Basah Michelin

Komentar Rossi Tentang Ban Basah Michelin

Pembalap Movistar Yamaha Valentino Rossi berkomentar tentang penggunaan ban basah Michelin. Menurutnya, pembalap yang jatuh saat menjalani balapan akan berkurang jika Michelin mampu melakukan pengambangan ban basah.

Rossi di musim ini sudah tiga kali gagal finis. Pertama di Austin dilanjutkan gagal mesin di Mugello lalu yang terakhir seri Assen saat memimpin balapan dalam kondisi basah. Pekan depan Rossi datang ke Jerman tentunya dengan misi mengurangi jarak 42 poin dari Marquez yang memimpin klasmen.

Di seri Assen lalu ada beberapa pembalap yang jatuh. Dari latihan bebas sampai balapan ada total 39 insiden. Kenyataan ini membuat Michelin menjadi sorotan kembali setelah dimamasa lalu jarang terjadi insiden.

Dari total 39 terjatuhnya pembalap, 14 lainnya terjadi saat balapan. Pada saat itu balapan sempat dihentikan karena hujan yang begitu deras.

Dalam kondisi hujan seperti itu, Rossi seharusnya pembalap yang lebih berpengalaman. Namun karena ambisi yang terlalu besar, maka juara dunia sembilan kali itupun terjatuh. Padahal sudah memimpin jauh didepan.

"Dengan ban kering Michelin sudah bagus, namun untuk ban yang digunakan saat hujan, Michelin masih kurang mendapatkan grip di lintasan"kata Rossi di motorsport.

"Ban ini memiliki banyak grip di bagian belakang dan sangat sedikit di bagian depan, berlawanan dengan (ban) Bridgestones yang kami memiliki tahun lalu"lanjut The Doctor (ms)