_

_
LIVE Race silahkan bergabung di saluran BBM C00219FE7, Fanspage SUTUEMPATnet, Instagram : SATUEMPATnet

Friday, 24 June 2016

MotoGP Modifikasi Tikungan Maut Sirkuit Assen


Di Sirkuit Assen, ada yang menyebut tikungan 'maut'. Sudah ada beberapa pembalap yang terjatuh di tikungan itu. Baik pembalap Moto2 maupun MotoGP. Disitu juga tempat insiden Rossi-Marquez musim lalu.

Yaitu tikungan terakhir Sirkuit Assen, Belanda. Ada yang meyebut tikungan 'S' kerena berbentuk huruf 'S'. Bisa juga disebut dengan Chicane. 

Peristiwa terakhir di tikungan terakhir dan lap terahir ada insiden Rossi dan Marquez yang memperebutkan kemenangan. Tidak ada yang terjatuh kala itu. Rossi akhirnya juara dengan 'memotong' tikungan. 

Rossi yang sudah berada di depan Marquez saat memasuki tikungan terahir, tiba-tiba Marquez masuk di sisi dalam motor Rossi (kanan). Terjadilah senggolan antara keduanya. Namun akhirnya Rossi membanting motornya ke kiri atau lurus, sehingga memotong tikungan. Untungnya kedua pembalap tidak ada yang terpeleset saat menginjak rumput.

Marquez mencoba masuk dari sisi dalam



Rossi terpaksa memotong jalur

Di Moto2 juga banyak kejadian di tikungan tersebut. Yang juga tidak bisa kita lupakan adalah perebutan kemenangan antara Colin Adwards dan Nicky Hayden musim 2006.

Juga di lap terahir, tikungan terahir. Dua pembalap Yamaha dan Honda itu tidak bersenggolan. Tapi Edward motornya menginjak rumput dan terjatuh. Akhirnya perebutan itu dimenangkan oleh Hayden.







Melihat dari kejadian-kejadian tersebut, pihak penyelenggara akhir pekan nanti menghilangkan rumput dan menggantikannya dengan aspal demi keselamatan pembalap.

Javier Alonso selaku Managing Direcor Dorna (penyelenggara MotoGP) mengakui sudah berencana mengubah tikungan tersebut dua tahun lalu. Tapi tidak mau buru-buru.

"Kami sudah mempunyai rencana mengganti rumput dengan aspal dua tahun lalu untuk menghindarkan pembalap dari kecelakaan"kata Alonso di situs resmi MotoGP (oz)