_

_
LIVE Race silahkan bergabung di saluran BBM C00219FE7, Fanspage SUTUEMPATnet, Instagram : SATUEMPATnet

Wednesday, 22 June 2016

Fantastis !! Kecepatan di Sirkuit Jalan Raya Baku, Melebihi Sirkuit Normal

Fantastis !! Kecepatan di Sirkuit Jalan Raya Baku Melebihi Sirkuit Normal

Masih menyisakan cerita, Sirkuit F1 Baku, Azerbaijan. Ternyata kecepatan di sirkuit jalanan ini melebihi sirkuit lain atau Sirkuit biasa yang memang didesain untuk balapan.

Sekedar informasi. Sirkuit Baku di Eropa itu adalah sirkuit baru. Pembalap hanya mengenalnya lewat Somulator. Sirkuit itu lahir dari jalanan. Maksudnya, jalanan kota yang 'disulap' menjadi arena balapan.

Perbedaannya dengan sirkuit yang biasa yaitu sirkuit biasa memang khusus balapan, tapi sirkuit jalanan setelah balapan usai, difungsikan sebagai jalanan kota dengan padatnya lalu lintas. 

Sebelum balapan para tim, pembalap, bahkan desainer Sirkuit Baku Hermann Tilke memprediksi, kecepatan di Baku tidak akan melebihi Sirkuit lain.

Fantastis !! Kecepatan di Sirkuit Jalan Raya Baku Melebihi Sirkuit Normal
Ada semacam gang sempit di salah satu tikungan Sirkuit Baku

Tapi kenyataannya, Pebalap Williams Valtteri Bottas mencetak kecepatan teratas dengan resmi, 366,1 km/jam, saat melintasi garis start/finish di Kualifikasi. Trek lurus itu menjapai 2,2km.

Namun tim William mempunyai catatan sendiri. William bukan mencatat saat mobil Bottas melewati garis start/finis. Namun mereka mencatat pada puncak kecepatan. Puncak kecepatan sebenarnya mamang saat pembalap melepas gas pertama kali dan mengerem untuk bersiap memasuki tikungan. 

Mobil Bottas tercatat mencapai kecepatan puncak 378 km/jam. Angka ini melewati catatan kecepatan di sejumlah sirkuit berkecepatan tinggi lainnya seperti di Meksiko dan Monza.

Sang Disainer sirkuitpun mengaku terkejut dengan angka itu, di Simulator komputer catatan puncak 340km/jam

"Di komputer program simulasi kami, disini hanya mencatatkan waktu 340km/jam. Tapi kita ytidak tahu apa yang ada di mobil setiap tim" kata Tilke dikutip Motorsport.

"Sejumlah tim mengatakan puncak kecepatannya akan sekitar 345 km/jam atau 350 km/jam, tapi pada akhirnya jauh lebih tinggi. Saya rasa itu rekor di seluruh balapan F1," tandasnya. (de)