_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Tuesday, 17 May 2016

Tabrakan Duo Mercedes, Siapa Yang Salah? Ini Analisanya.


Balapan Formula 1 yang digelar di Sirkut Catalunya Minggu lalu, 15 Mei 2016, merupakan yang terburuk bagi Mercedes. Kedua pembalapnya Nico Rosberg dan Lewis Hamilton bertabrakan dan mereka tidak bisa melanjutkan balapan semua.

Ditikungan pertama Rosberg yang start dari posisi dua, berhasil menyalip Hamilton dari sisi luar. Ingin segera mengambil alih posisi terdepan, ditikungan empat Hamilton berusaha menyalip Rosberg dari sisi kanan. Rosberg bermaksud menutup jalan Hamilton dan Hamilton keluar track masuk ke rumput sehingga mobilnya tak terkendali dan menabrak Rosberg.

Ada pihak yang menyalahkan Hamilton, dengan alasan pembalap Inggris itu dibelakang Rosberg. Namun, Executive director Mercedes, Toto Wolff, enggan menyalahkan salah satu pembalapnya. Dia memilih melihat Video atau analisa data di mobil.

Berikut Analisanya. 

Sebelum start, kedua pembalap melakukan setingan dengan mengotak-atik stir mobil mereka masing-masing.

Sebelah kiri tangan Hamilton dan kanan Rosberg

Perhatikan gambar dibawah ini. Saat memimpin balapan, tangan Rosberg menyetel setingan mobil (kanan). Padahal posisi Hamilton sudah dekat (kiri)

Hamilton dan Rosberg

Jika dilihat dari mobil Riciardo, yang berada di posisi tiga, penampakanya seperti ini

Pembalap Redbull, Riciardo

Sebelum analisa ini dirilis, Rosberg sudah mengakui bahwa dia melakukan penyetelan mode yang salah pada mobil dan berdampak mobilnya sedikit melambat

Lalu, siapa yang salah? tidak ada yang salah. Tidak ada juga pembalap yang menginginkan tabrakan. Hanya penonton yang menginginkan hal itu. Terutama pembalap yang menjadi rival Idolanya. :-)
sumber:formula1.com