_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Wednesday, 25 May 2016

Rio : Bandingkan Aku dengan Pascal, Jangan dengan Pembalap Lain


Pembalap kebanggaan Indonesia, Rio Haryanto menjadikan rekan satu tinya, Pascal Wehrlein sebagi tolak ukur kemampuannya di setiap balapan, latihan atau kualifikasi.

Pascal meskipun lebih muda dari Rio tetapi memiliki pengalaman yang lebih lama di Formula1 dibanding Rio. Hasil terbaik pascal di musim ini yaitu finis 13 di balapan Bahrain.

Sampai saat ini Pascal masih unggul 3-2 atas Rio di babak kualifikasi. Rio berhasil mengalahkan Wehrlein pada babak kualifikasi di GP Australia dan GP China. Selisih yang sangat tipis.

"Sejujurnya, kami bekerjasama dengan baik. Ya, Wehrlein cepat, dan itu memotivasi saya. Di luar mobil kami berbagi ide, karena kami menginginkan yang terbaik untuk tim. Dia rekan setim yang baik," kata Rio, di situs formula1

"Dia pebalap masa depan Mercedes, dan ketika catatan waktu saya tidak jauh darinya, itu hasil fantastis. Dia jadi referensi yang bagus buat saya, tidak lebih lambat darinya."

Sebagian dari kita terkadang menyalahkan Rio, dengan pertanyaan, Kenapa tidak bisa juara? Kenapa selalu finis belakang?

Sebenarnya finis diposisi manapun itu tidak masalah, asal tidak jauh dari rekan satu tim. Ingat, Pascal sudah dua tahun memengang mobil F1 (menjadi tes driver Mercedes). Sedangkan Rio, Baru musim ini di kokpit F1. Kalau Rio dari catatan waktu bisa menempel Pascal, itu berarti prestasi yang sangat bagus. 

Ada juga pertanyaan, Jika Rio di Mercedes apa bisa menang? jawabnya BISA!

Catatan terbaru yaitu Rio hanya terpaut 0,2 detik di kualifikasi GP Spanyol dari waktu yang dicetak Pascal.

Lihat Verstappen di balapan Spanyol lalu, langsung juara begitu dapat mobil yang kompetitif (meskipun mecedes tak finis). Hamilton juga saat masih rooke tahun 2007 langsung bisa bersaing dengan Alonso, juara dunia bertahan statusnya kala itu. Dan ditahun 2008, Hamilton juara dunia dengan mobil yang sama, McLaren Mercedes.