_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Sunday, 8 May 2016

Kenapa Rem Depan Motor MotoGP Berukuran 340 mm? Ini Jawabannya


Balapan MotoGP adalah balapan motor paling bergengsi dimuka bumi ini. Maka itu, gelaran balapan ini menjadi riset roda dua. Meskipun pihak penyelenggara, Dorna mengeluarkan aturan utuk menekan biaya yang dikeluarkan pada semua tim, tetapi riset tetap dijalankan dan performa motor semakin meningkat

tak tekecuali masalah Rem. Pada motor MotoGP rem juga harus diimbangi peranti yang mumpuni. Untuk itu, Brembo sebagai vendor penyedia rem di MotoGP menyiapkan rem depan berdiameter 340 milimeter untuk kuda besi bermesin seliter.

"Dalam beberapa tahun terakhir, aturan yang diberlakukan membuat sepeda motor jadi sangat berat menyesuaikan kecepatan tinggi. Ini membuat kami harus memperbarui sistem pengereman karbon kami," kata Lorenzo Bortolozzo, Brembo MotoGP Customer Manager, sebagaimana diwartakan Motorcycle.

Pada musim 2013 lalu motor masih menggunakan cakram berdiameter 320 mm. Penambahan diameter ini menurut Bortolozzo dimaksudkan untuk mendukung peningkatan performa serta aspek keselamatan. Bahan Material piringan rem ini menggunakan karbon, yang kemampuannya bekerja pada temperatur tinggi.

"Pengereman pada sepeda motor melalui energi kinetik yang berakibat menghasilkan panas akibat gesekan dari piringan dan kampas yang keduanya dibuat dari bahan karbon," katanya.

Peningkatan diameter ini menurutnya juga berpengaruh terhadap berat dari cakram tersebut. Namun demikian, diameter 340 mm dinilai lebih baik untuk melepas panas yang berpengaruh pada aspek keselamatan para pembalap

"Peningkatan bobot sekira 100 gram namun tidak terlalu berpengaruh bagi pembalap yang sebelumnya menggunakan cakram berbobot 1,3 kilogram. Sementara itu, velg dan roda menyumbang bobot yang jauh lebih besar. Ada perbedaan suhu hingga 100 derajat antara cakram 320 dan 340 mm, yang jelas intervensi ini sangat penting untuk meningkatkan keselamatan pengendara" tuturnya.
ref:liputan6.com