_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Saturday, 14 May 2016

Ini Rumitnya Setir Mobil Formula 1

Menjadi pembalap Formula 1 tidak mudah. Mereka berkarir dari kecil sampai beranjak dewasa, mengorbankan pendidikan, mengorbankan masa kecil yang biasanya bisa bermain dengan teman-teman selepas sekolah, tetapi pembalap menghabiskan banyak waktu hidupnya untuk latihan dan latihan

Begitu juga dengan Setir F1, tak mudah untuk mengendalikannya. Kerumitan mengendarai mobil Formula 1 disatukan pada setirnya. Yang menghubungkan pembalap dengan mobil adalah setir. Di setir pembalap seakan bisa memerintah mobil, mau cepat, lambat, berhenti dan lainnya. Disana terdapat tombol-tombol yang mempunyai tugas masing-masing.

Di halaman resmi Formula 1, ditulis, pada mulanya, setir Formula 1 tak berbeda jauh dengan setir mobil pada umumnya. Normalnya, bagian ini terbuat dari kayu dan dulu berukuran cukup besar. Ukurannya semakin mini seiring dengan ruang kokpit yang semakin dipersempit. 

Setir jaman dulu tentunya tidak ada tombol. Tombol pertama yang ditanamkan pada setir adalah tombol netral, serta tombol radio push-to-talk. Tapi sekarang jumlah tombol pada setir bisa mencapai belasan dengan fungsinya masing-masing yang wajib dihafal pembalap. 

Setiap tim letak tombol-tombol tersebut biasnya berbeda, tetapi sebenarnya fungsi dan jumlahnya sama. Misalnya tmbol "PL" yang ada di ujung kanan atas, berfungsi untuk menyetabilkan kecepatan mobil saat masuk maupun keluar pit lane 

Tombol berwarna hijau berfungsi untuk mengontrol Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang dapat digunakan untuk menyimpan energi kinetik tambahan pada mobil. Energi yang tersimpan kemudian bisa dilepas dengan menekan tombol `OT`.


Ada juga tobol untuk mengeluarkan air minum. Selama balapan kurang lebih 1,5jam, tentunya pembalap butuh air agar tidak degradasi dalam kokpit yang sempit.

Salah satu bagian yang paling rumit dari setir adalah snap-on connector, yang menghubungkan antara roda kemudi dan kolom kemudi. Aturannya, fitur ini harus dapat membuat stir dicopot dalam waktu kurang dari lima detik. (lp6)