_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Tuesday, 24 May 2016

Ada Banyak Sensor di Baju Balap MotoGP


Saat membalap di MotoGP, para pembalap wajib mengunakan pakaian khusus balap atau bahasa kerennya disebut Wearpack. Selain untuk perlindungan, baju balap juga harus nyaman saat dipakai.

Wearpack untuk balap kelas MotoGP wajib dilengkapi dengan pelindung di hampir seluruh titik vital pada tubuh pembalap, antara lain bagian dada, tulang belakang, lengan, siku, lutut, dan tulang kering. Panel pelindung tersebut dibuat dari bahan karbon kevlar.

Sistem perlindungan bagi tubuh para pembalap tidak cukup sampai disitu karena perusahaan apparel juga menyiapkan airbag saat membuat wearpack. Kantung udara ini perfungsi melindungi organ tubuh yang rentan cedera ketika kecelakaan.

Sensor pada baju balap mendeteksi gerak tubuh pembalap saat terhempas dari motor, kemudian mengaktifkan airbag hanya dalam 0,3 detik.



Sesuai standar maka produsen wearpack seperti Alpinestars atau Dainese menggunakan kulit kanguru untuk bahan dasarnya. Kulit tersebut telah teruji masalah daya tahan lalu lebih lentur dan memiliki bobot lebih ringan daripada kulit sapi.

Dalam cuaca terik maka wearpack juga dilengkapi dengan sistem pendingin. Di dalam wearpack terdapat pompa kecil yang bekerja menggunakan baterai untuk memberi sirkulasi udara.

Selain itu, pembalap juga tidak perlu khawatir kehausan atau dehidrasi saat memacu motornya karena di balik punuk wearpack terdapat ruang untuk menyimpan minuman yang tersambung dengan selang kecil.
sumber gambar:google