_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Tuesday, 19 April 2016

Rincian Biaya Pembuatan Mobil F1


Balapan paling bergengsi di muka bumi. Balapan termahal. Itu kata-kata yang selalu melekat pada Formula 1. Meskipun pamornya masih kalah dengan MotoGP, tetapi akhir-akhir ini orang Indonesia lebih antusias untuk melihatnya atau cuma sekedar ingin tahu beritanya.

Memang dibutuhkan biaya yang cukup besar untuk penyelenggaraan balapan ini. Hanya sponsor atau perusahaan besar saja yang berani beriklan disini. Sekarang SATUEMPATnet akan membahas biaya untuk mobil saja. Meskipun banyak biaya-biaya lain seperti dana untuk tim, pembalap dan lainnya.

Sebenarnya semua ujung-ujungnya yaitu uang. Adanya balapan ini sebenarnya bisnis, yang perputaran uangnya sangat besar. untuk beriklan di mobil saja, perusaan harus mengeluarkan dana jutaan Euro. Untuk tim juga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Sebagai Contoh, Tim Redbull Racing mengeluarkan biaya mencapai angka US$ 270,2 juta atau setara US$ 13,5 juta di tiap seri.

Berapa untuk biaya mobil saja?

Menurut halaman Tsmplay, total biaya untuk membuat mobil F1 minimal US$ 9,4 juta atau sekira Rp 123,9 miliar. Bagian paling mahal adalah mesin, yang harganya minimal US$ 7,7 juta hingga US$ 10 juta. 

Biasanya tim-tim besar melakukan pengembangan mobil dengan biaya yang sangat tinggi. Sampai-sampai ada aturan pembatasan biaya yang dikeluarkan per musimnya setiap tim. tujuannya yaitu agar tim kecil dan besar tetap bisa bersaing di lintasan, jika tidak, tim besar akan melaju jauh lebih cepat dibanding mobil tim kecil dengan biaya terbatas. Jika itu terjadi Formula 1 tidak seru untuk ditonton

Berikut Rincian biayanya. Ini adalah rincian untuk komponen dasar. Setiap tim tentu mengeluarkan biaya yang berbeda.


-Mesin: US$ 7,7 juta
-Karbon Fiber: US$ 650 ribu
-Hidung dan Sayap Depan: US$ 160 ribu
-Sayap Belakang dan DRS (alat bantu saat menyalip): US$ 80 ribu
-Tangki Bahan Bakar dan Perakitannya: US$ 110 ribu
-Setir Mobil: US$ 50 ribu
-Hidrolik: US$ 160 ribu
-Gearbox: US$ 480 ribu
-Sistem Pendingin: US$ 160 ribu
>> 1 EURO = Rp 14.928.43<<

sumber gambar: uniqpost.com