_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Wednesday, 27 April 2016

Marquez Memakai 6 Sayap Saat Uji Coba di Jerez


Sayap yang ada di motor pembalap MotoGP atau biasa disebut Winglet kini menjadi pro kontra. Sayap yang pertama kali diperkenalkan Ducati tahun lalu itu menurut isu akan diwajibkan oleh pihak Dorna (penyelenggara motogp) musim depan. Akan tetapi para pembalap ada yang setuju maupun tidak dengan bebagai alasan.


Pada balapan di Jerez minggu kemarin 24 April 2016. Pihak penyelenggara motogp mewajibkan semua pembalap menggunakan sayap.

Meskipun masa depan penggunaan sayap itu masih tidak jelas dimasa depan, tetapi tidak menghalangi Honda untuk melakukan uji coba maksimal. Di Sirkuit Jerez, Honda measang enam sayap di motor.

Meski tergolong telat dibanding Ducati dan Yamaha, tetapi Honda tidak tinggal diam. Tim asal Jepang itu juga memaksimalkan penggunaan sayap.

Jika pada beberapa versi yang dipakai memiliki kemiripan dengan Yamaha dan Ducati, Honda memilih tampil beda pada hari pertama di Jerez, Senin 25 April 2016. Tiga pasang sayap sekaligus dipasang bertingkat di kedua sisi motor yang digeber Marc Marquez. Sayap tersebut berada dekat sisi depan fairing.

Sebenarnya Masa depan sayap di MotoGP masih tanda tanya besar. Komisi Grand Prix saat ini tengah menunggu proposal dari MSMA (asosiasi pabrikan) terkait perangkat aerodinamis tersebut. Di Moto2 sudah dilarang penggunaannya musim ini, sementara pada kelas Moto3 pelarangannya baru berlaku musim depan yaitu tahun 2017 mendatang.