_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Saturday, 16 April 2016

Ini Pilihan Ban Para Pembalap Di GP China

Ada beberapa aturan di Formula 1 yang berubah, mulai dari format kualifikasi, penggunaan ban, komunikasi radio dan sebaginya. Semua tim dan pembalap harus mematuhi aturan tersebut. Jika tidak, Diskualifikasi biasanya yang diterima atau denda berupa uang.

Untuk masalah kualifikasi, di dua balapan pertama, kedua Australia dan Bahrain masih menggunakan format kualifikasi baru 2016. Lalu banyak kritik baik dari tim maupun pembalap. Mendengar kritikan itu lalu FIA mengubahnya menjadi format kualifikasi lama. Mulai berlaku seri ketiga di China


Perlu diketahui, tiap pembalap saat balapan selalu berkomunikasi melalui Radio dengan tim. Tim selalu memberi kabar tentang, strategi pitstop, kapan harus masuk pitstop, ada kecelakaan, ada serpihan di lintasan, siapa yang dibelakang didepan pembelap tersebut, kerusakan mobil dan masih banyak lagi. 

Aturan komunikasi Radio (team radio) juga mengalami perubahan besar untuk musim 2016 ini. Pembalap sendiri yang menentukan kapan harus masuk pitstop, kapan harus mennganti ban, ban jenis apa yang digunakan, bahkan ada serpihan di lintasan, tim tidak boleh memberi tahu pembalap.

Untuk masalah Ban, pembalap harus pintar-pintar memilih yang sesuai dengan kondisi pembalap tersebut, kondisi mobil maupun lintasan. Jadi setiap pembalap memiliki strategi dan pilihan ban yang tidak sama meskipun dalam satu tim

Berikut pilihan ban pembalap untuk GP China

 sumber gambar:pirelli.com