_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Monday, 4 April 2016

Duo Ducati Terjatuh, Marquez Juara


Seruu!! dan seru!. Itu kata yang mungkin bisa menggambarkan balapan seri kedua motogp di Argentina Senin 4 April pukul 02.00 WIB. Tak ada ruginya bangun dini hari, dan menyiapkan kopi.

Hasil balapan menempatkan Marquez sebagai juara, Rossi kedua dan pedrosa melengkapi podium. Sementara Lorenzo terjatuh. Dan yang sangat disayangkan adalah dua pembalap Ducati, Dovizioso dan Iannone terjatuh, di lap terakhir tikungan terakhir.

Pada balapan di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, balapan mengalami penyesuaian menyusul insiden pecah ban yang dialami Scott Redding di sesi latihan bebas keempat kemarin. Race Direction memotong balapan menjadi 20 putaran dari awalnya 25 lap. Selain itu, pebalap juga wajib mengganti motor di lap ke-9, 10, atau 11.

Jalannya Balapan

Setelah start Lorenzo memimpin, diikuti Marquez Rossi, Vinales, Iannone, dan Dovizioso menguntit di belakangnya. Tikungan pertama Marquez bersenggolan dengan Iannone yang membuat camera belakang motor Honda Repsolnya patah.

Dovizioso kemudian mengambil alih pimpinan balapan walaupun untuk sesaat. Marquez dan Rossi berhasil melewatinya, sementara Lorenzo terus melorot. Jack Miller jadi pebalap pertama yang terjatuh.

Lorenzo yang berada di posisi enam terjatuh di tikungan pertama. Carl Crutchlow dan Aleix Espargaro terjatuh di saat yang bersamaan di tikungan tempat terjatuhnya Lorenzo

Rossi dan Marquez bertarung memperebutkan posisi satu sebelum pergantian ban. Terjadi aksi saling salip dan terdengar sorakan penonton yang begitu ramai. Terlihat Rossi lebih cepat dari marquez. 

Momen perturakan motor, Vinales, Iannone, dan Pedrosa masuk pit lebih dulu. Marquez, Rossi, dan Dovizioso bertahan satu putaran lebih lama untuk mengganti motor.

Rossi Marquez mengganti montor pada saat yang bersamaan. Setelah keluar, keadaan jadi berbalik, yang awalnya Rossi kelihatan lebih cepat, kini Marquez yang jauh lebih cepat. Bahkan menjelang akhir Rossi didekati pembalap Suzuki Vinales dan duo Ducati.

Vinales dengan Suzukinya terlihat menyakinkan. Bisa bertarung  dengan Rossi dan didepan duo Ducati. Namun sayang saat mengejar Rossi untuk posisi kedua, Vinales terjatuh.

Sementara Marquez di depan dengan jarak yang aman. Rossi, Iannone dan Dovizioso menunjukkan pertarungan yang seru untuk memperebutkan podium. Dua pembalap Ducati sempat di posisi dua dan tiga, namun Lap terakhir terjadi insiden, Iannone memasuki tikungan terlalu kencang, kemudian terjatuh dan menabrak Dovizioso di depannya. Rossi pun naik ke posisi dua, diikuti Pedrosa.

Tim yang sangat rugi dan sedih dalam balapan ini mungkin Ducati. Podium hampir di genggaman tapi terlepas.

Hasil balapan Motogp Argentina.

sumber:motogp