_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Thursday, 14 April 2016

Beberapa Fakta Tersembunyi MotoGP

Bertaruh nyawa dengan kecepatan tinggi adalah bagian dari balapan MotoGP. Ada juga yang bilang "jet darat" karena kecepatannya sama dengan kecepatan pesawat terbang. Mungkin ada beberapa dari penggemar Motogp yang belum tau tentang fakta balapan paling bergengsi ini.

Berikut fakta-fakta yang ada di MotoGP.

Kecepatann Hingga 346km/jam
Motor motogp mempunyai kecepatan 250 tenaga kuda. Jauh lebih cepat dari pada mobil dan pembalap hanya bertumpu pada dua roda sehingga banyak tantangannya. Untuk mencapai kecepatan 95km/jam hanya dibutuhkan waktu 2 detik.


Bobot Sepeda Motor Sangat Berat
Berbobot 160kg. Agar bisa mengandalikan montor, para pembalap MotoGP berlatih beban agar saat diatas motor dapat mengendalikan. Juga dibutuhkan konsentrasi penuh agar motor dapat dikuasai sesuai keinginan. 

Saat Balapan, Pembalap Kehilangan 2 Liter Keringat.
Fisik dan pikiran harus selalu bekerja sama untuk menaklukkan setiap tikungan, harus juga menguasai karakter sirkuit yang berbeda-beda. Dengan itu, olah raga ini sangat melelahkan. Apalagi di Sirkuit yang suhunya panas atau Sirkuit yang memilki tingkat kelembapan tinggi.

Di Tikungan Kontak Ban dan Aspal Kurang Dari 50 Derajat
ketika menikung sudutnya mencapai 55 derajat. Kontak ban dengan aspal praktis tidak mencapai angka 50 derajat. Itulah alasan, velg MotoGP dibuat lebar mencapai 16,5 inchi.  

Ban motor MotoGP memiliki tingkat grip yang menajubkan. Kekuatan ban terletak pada senyawa kimia yang seluruhnya tidak menggunakan karet. Banyak ilmu pendukung untuk membuat ban MotoGP. Bahkan, ketika hujan, Anda harus bisa tetap melaju di kecepatan 152 km/jam. Biaya ban sepasang 1000 euro (Rp 14 juta), jadi sangat mahal 

Baju Balap Berbahan Kulit Binatang.
Berbahan dari kulit Kanguru. Kenapa harus kanguru? karena kulitnya lebih tebal yaitu 3 mm dibanding kulit sapi dan lebih fleksibel. Sehingga jika dipakai seakan seperti kulit luar kita, tetapi tetap melindungi dengan maksimal.

Menggunakan Pelindung Lebih Banyak Dari Batman
Pakaian balap pembalap MotoGP harus bisa memberikan perlindungan ekstra pada pembalap ketika mereka terjatuh dari kecepatan tinggi. Harus ada perlindungan yang baik di are bahu, siku, lengan, sarung tangan, buku-buku jari dan di sekitar telapak tangan, pelindung dada, punggung pelindung, pelindung pinggul dan tulang kering dan perlindungan lutut."

Para produsen juga mengembangkan sistem airbag (balon udara) built-in untuk meredam benturan pembalap dengan aspal. Jadi perlindungan pembalap MotoGP lebih banyak dari Batman


Motor Ibarat Komputer Berjalan
Sepada motor berisi 500 data yang tersimpan ECU. Perangkat keras pada motor ini membantu tim untuk menganalisa motor dan hal yang terjadi. Sehingga saat motor di trek ada masalah tim di garasi bisa mengetahuinya

Dengan perangkat komputer di motor, para pembalap bisa mengetahui siapa saja pembalap lawan yang mencatatkan waktu paling cepat

Ada juga lampu indikator sehingga pembalap tahu kapan harus mengoper gigi untuk mencapai kecepatan maksimal

Harus Melupakan Kecelakaan Dengan Cepat
Seorang pembalap yang pernah terjatuh harus melupakannya dengan cepat. Karena jika tidak, saat mengendarai motor lagi dan masih mengingat kecelakaan yang sudah berlalu, akan berpotensi terjatuh kembali.

Bersepeda dan Motor Cross
Untuk menjaga kebugaran pembalap biasanya melakukan olah raga bersapeda, selain sehat juga resikonya kecil. Akan tetapi juga terkadang melakukan olah raga yang sedikit ekstrim seperti Motor Cross untuk menambah daya tahan jantung.

Anda ingin jadi pembalap? Harus bisa melakukan semua yang diatas. :-)
Sumber:liputan6.com