_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Friday, 25 March 2016

Sentul Cuma Dijatah Satu Musim Balapan! Kenapa?


Sirkuit Indonesia, Sentul cuma dijatah satu tahun untuk balapan Motogp, padahal biaya renovasi mahal untuk meyelenggarakan balapan pada tahun 2017.

Sampai kabar ini ditulis, sebenarnya Kementerian Pemuda dan Olahraga belum menentukan dimana akan dijadikan Sirkuit untuk balapan Motogp.

Kabar pertama Sentul, lalu ada rencana di Sumatra. Sekarang kembali yang direncanakan Sentul. Pemerintah tidak punya pilihan banyak, hanya Sentul yang dipunyai Indonesia meskipun harus melakukan renovasi sana sini.

Namun Masalah baru muncul, pemerintah bilang kalau Sentul bisa menyelenggarakan motogp tapi hanya satu musim atau tahun 2017 saja. tentu saya pihak Sentul keberatan, karena tidak sebanding dengan biaya renovasi yang dikeluarkan. Sebagai Contoh sirkuit Formula 1 di Singapura saat satu penyelenggaraan belum untung, baru setelah tahun ke-2 mendapatkan hasil.

Pihak Sirkuit sentul sudah melangkan surat keberatan pada Pemerintah melalui Kemenpora. Mereka ingin balapan bisa di gelar tiga tahun dari 2017-2019.

Menanggapi itu, Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto, mengatakan ada beberapa pertimbangan pihaknya hanya memberikan satu musim saja ke Sentul. Gatot menyebut pihak Kemenpora mencoba memicu daerah lain untuk juga membangun sirkuit berskala internasional. Di sisi lain, pemerintah juga tengah mencari sirkuit yang lebih luas dan punya fasilitas lengkap.

"Namanya mau gelar MotoGP harusnya sirkuitnya jangan satu saja. Seperti di Spanyol coba lihat ada berapa banyak sirkuit yang menjadi pilihan. Pertimbangan lainnya adalah kami mencari sirkuit yang lebih komprehensif dibandingkan Sentul. Artinya sirkuit yang lebih lengkap dan luas," kata Gatot di Kantor Kemenpora, Kamis (24/3/2016). Dikutip dari Detik.com

Akankah Kita bisa seperti Spanyol yang mempunyai empat sirkuit yang bisa menyelenggarakan dalam satu musim? Mungkin masih mimpi, mudah mudahan menjadi kenyataan.
gambar : sentulinternationalcircuit.com