_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Thursday, 24 March 2016

Menpora Ingin Masalah Bendera Rio Tidak Terulang

Saat balapan di Melbourne Australia 20 Maret 2016 Lalu, ada kejanggalan saat Starting Grid para pembalap ditampilkan. Pembalap-pembalap lain di belakang fotonya ada bendera masing-masing Negara, namun khusus Rio Tidak ada.


Itu yang membuat Rakyat Indonesia terganggu terutama fans Rio. Setelah kejaidian tersebut, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora) meminta pada Fox Sport, agar kejadian tersebut tidak terulang di seri-seri berikutnya. 

"TV Fox Sports dan pihak F1 harus lebih jeli dalam proses penyajian bahan siar. Hal ini penting sehingga tidak menimbulkan kesan perlakuan diskriminatif dan penyepelean terhadap salah satu peserta dan negaranya," ujarnya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu. Dilansir Antaranews.

"Bendera adalah simbol kehormatan negara, jika pebalap lain ditampilkan bersama bendera asal negaranya dalam grafik, Rio juga seharusnya demikian karena merupakan kebanggaan Indonesia," tegas Menpora.

Menpora menilai wajar Rakyat Indonesia geram atas kejadian tersebut dengan melampiaskan postingan-positingan di media sosial yang mengkritik penyelenggara F1. Bahkan ada yang meyebut itu perlakuan diskriminatif dari pihak Fox Sport dan F1.

"Rio Haryanto memang telah mengukir sejarah bagi bangsa Indonesia, wajar jika masyarakat terusik jika dia ditampilkan tanpa Bendera Merah Putih dalam acara yang disaksikan jutaan pemirsa di seluruh dunia," kata Menpora menambahkan

Kita semua berharap insiden tersebut tidak akan terjadi seri berikutnya di Bahrain, yang akan digelar pada 1 hingga 3 April 2016.