_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Wednesday, 30 March 2016

Mengenal Warna-Warni Ban Mobil Formula 1


Jakarta - Ada tujuh tipe ban lansiran Pirelli yang digunakan oleh para pebalap Formula 1 musim ini. Setiap tipenya ditandai dengan warna-warna berbeda, tergantung komponnya.

Tujuh tipe ban itu dibagi menjadi dua kelompok, yakni ban kering (slick) dan ban basah. Ban kering ada lima jenis, antara lain hard, medium, soft, super soft, dan ultra soft. Sedangkan ban basah ada dua jenis yaitu intermediate dan wet.

Untuk memudahkan membedakan tiap-tiap tipe bannya, Pirelli memberikan warna berbeda-beda tergantung komponnya. Misalnya untuk ban kering bertipe hard punya label warna jingga, medium berwarna putih, soft berwarna kuning, super soft berwarna merah, dan ultra soft berwarna ungu.

Sementara untuk ban basah, ban intermediate punya label warna hijau dan biru untuk ban wet. Selain lewat warna, ban ini bisa dibedakan dari ban kering dengan adanya alur di badannya sebagai jalur air.

Dari semua ban jenis kering, ultra soft (ungu) punya kompon yang paling lunak. Ban ini punya daya cengkeram paling kuat, tapi juga paling cepat habis tergerus aspal.

Kemudian secara berurutan ban punya kompon yang lebih keras ke super soft, soft, medium, dan hard. Semakin keras kompon ban, maka semakin menurun daya cengkeramnya namun di lain sisi punya ketahanan yang lebih tinggi terhadap gerusan aspal.

Sementara di ban basah, ban tipe wet punya kompon yang lebih lunak ketimbang intermediate. Ban wet digunakan ketika trek benar-benar tergenang air dan bisa 'memecah' air sampai 65 liter per detik. Sementara ban intermediate dipakai ketika lintasannya masih cukup kering atau tak ada genangan. Ban ini bisa 'memecah' air sampai 25 liter per detik.

Dari seluruh tipe ban tersebut, tak semuanya bisa dipakai pebalap tiap serinya. Musim ini, Pirelli menyediakan tiga jenis ban bertipe kering per balapan alih-alih dua seperti sebelumnya.

Mulanya untuk tiap akhir pekan, Pirelli akan menentukan jenis ban yang digunakan. Misalnya untuk balapan di Bahrain nanti, ban kering yang dipakai adalah medium (putih), soft (kuning), dan supersoft (merah).


Lantas pebalap akan punya jatah 13 set ban untuk dipakai mulai dari latihan sampai balapan. Dari 13 set itu, tiga di antaranya ditentukan oleh Pirelli.

Dua dari tiga set itu nantinya digunakan untuk balapan. Sementara satu set lainnya yang merupakan ban dengan kompon terlunak, untuk dipakai saat Q3. Pebalap kemudian bebas memilih komposisi 10 set ban tersisa, tergantung strategi dan preferensi masing-masing.

Pebalap Indonesia Rio Haryanto untuk balapan di Bahrain nanti memilih empat set ban medium, lima set ban soft, dan empat set ban super soft. Rekan setimnya di Manor, Pascal Wehrlein, juga menggunakan susunan yang sama.

Sumber : detiksport.com