_

_
LIVE Race silahkan bergabung di saluran BBM C00219FE7, Fanspage SUTUEMPATnet, Instagram : SATUEMPATnet

Wednesday, 23 March 2016

Manor Racing Pencetak Para Juara Dunia

Manor Racing, tiba-tiba nama ini sering kita dengar. Hampir semua media memberitakan tentang tim balap Formula 1 ini. Ya benar, itu karena Manor merekrut Rio Haryanto sebagai pembalapnya di musim ini. 

Mungkin kita semua "haus" akan adanya pembalap Indonesia di ajang balapan paling bergengsi di dunia ini. Pertama kali dalam sejarah orang Indonesia bisa masuk Formula 1. Manor Racing adalah tim yang membawa Rio.

Sebelum Rio Haryanto bergabung dengan Manor, nama tim ini jarang kita dengar bahkan tidak pernah. Tapi sekarang penggemar F1 sudah mengenalnya. Bahkan Manor terkejut mendapat dukungan dari Indonesia. 


Meskipun namanya tak sebesar Ferrari, McLaren atau Mercedesbenz dan termasuk tim kecil ternyata manor sudah lama di dunia balap, mulai tahun 2009. 

Tim ini dibentuk oleh mantan pembalap John Booth. Sejak itu, Manor berhasil memenangkan 190  balapan dan 19 seri balap seperti British Formula 3, Formula Renault, dan Formula Three Euroseries.

Punya bekal prestasi yang menjanjikan di balap single-seater, Manor melirik ajang yang lebih bergengsi. Pada 2009, Manor mengajukan permohonan agar bisa berpartisipasi dalam musim balap F1 tahun 2010.

Saat debut perdana di F1 nama Manor Grand Prix dipilih. Seiring berjalannya waktu, Manor sempat berlaga dengan nama Virgin Racing (2010-2011) dan Marusia F1 Team (2012-2015) karena tuntutan sponsor.

Manor bisa dibilang sukses dalam mencetak sejumlah pebalap bertalenta, termasuk Lewis Hamilton, Kimi Raikkonen, Paul di Resta, Jason Plato, Oliver Jarvis, Marck Hynes, Antonio Pizzonia, dan Matt Griffin.

Lewis Hamilton tercatat sebagai pemegang tiga gelar F1 Wolrd Champion. Kimi Raikkonen merupakan pemilik gelar di musim 2007.

Seperti itu sedikit sejarah tentang Manor Racing.