_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Friday, 25 March 2016

Ingin Jadi Pembalap? Motogp Buka Lowongan.

Di musim depan, musim 2017, Motogp ingin jumlah pembalap 24. Pihak penyelenggara mengumumkan para tim diberi waktu untuk sampai 29 April mendatang.

KTM sebagai tim pabrikan yang akan masuk pada musim 2017, membawa dua pembalap sehingga pembalap motogp menjadi 23 saat itu. Tetapi Motogp menargetkan 24 pembalap.

Kondisi itu membuat Asosiasi Tim Motogp (IRTA). Federasi Sepeda Motor Internasional (IRTA) dan Pemegang Hak Komersial Motogp, Dorna membentuk komite pemilihan dan membuka pendaftaran pembalap ke-24. Dikutip dari Eurosport

Setiap tim yang mendaftarkan pembalapnya tidak langsung diterima, tetapi dilakukan seleksi ketat. Pendartaran sebelum 29 April.

"Tim yang dianggap calon potensial, kemudian akan diberikan rincian lebih lanjut dan diminta meyerahkan rincian lengkap tentang proyek mereka. Keputusan akhira akan menjadi tanggung jawab panitia seleksi yang terdiri delegasi dari FIM, Dorna dan IRTA" demikian pernyataan resmi MotoGP.

Masuknya KTM dan Suzuki memang menguntungkan Motogp. Meskipun beberapa tahun terakhir ada tim yang keluar dari balapan motor berbiaya mahal ini

Dalam dua tahun terakhir tim yang keluar dari Motogp yaitu Paul Bird Motorsport, Forward racing, Cardion AB dan Loda. Waktu itu karena regulasi sangat ketat. Untuk menarik kembali agar banyak tim bergabung, Motogp meringankan regulasi.

Agar di setiap seri Motogp diikuti 22 sampai 24 pembalap, penyelenggara membuat paket bantuan keuangan hingga tahun 2021. Yamaha, Honda, Ducati, Suzuki, Aprilia dan KTM harus memasok dua hingga empat motor kepada tim lainnya.