_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Sunday, 27 March 2016

Ingin Jadi Pembalap Formula1 ? Anda Harus Punya SIM

Anda ingin jadi pembalap Formula 1? Usia Anda harus 18 tahun. Baru baru ini Federasi Automobil Internasional (FIA) mengeluarkan aturan baru yaitu melarang pembalap berusia dibawah 18 tahun untuk menjadi Driver mobil F1. Alasanya adalah masih minimnya pengalaman pembalap dan juga faktor emosi.

Untuk mendapatkan ijin, pembalap Formula 1 harus mengumpulkan point dari ajang balap dibawah F1 selama 3 tahun. Menyelesaikan minimal 80 persen dalam dua musim balapan kategori junior, dan memegang surat izin mengemudi resmi di jalan raya.

Seluruh aturan itu akan berlaku pada 2016. "Pengemudi akan dinilai oleh FIA dengan menunjukkan kemampuan luar biasa untuk mengemudi mobil formula kursi tunggal," kata FIA, seperti ditulis Associated Press, 6 Januari 2015.

Ada kemungkinan aturan ini muncul karena ada pembalap tim Toro Rosso Max Verstappen yang berumur 17 tahun, 166 hari, di GP Australia 2015, Menjadi pembalap termuda, memecahkan rekor Jaime Alguersuari yang memulai Grand Prix F1 di usia 19 tahun 183 hari.


Anda minat? Selain umur dan punya SIM, Anda juga harus punya uang atau membawa Sponsor :-)