_

_
Balapan Selanjutnya, Red Bull Grand Prix of The Americas. 22 APRIL 2018

Wednesday, 16 March 2016

Harapan Indonesia pada Rio

Ahirnya Indonesia punya Pembalap di Formula 1. Rio Haryanto, adalah harapan kita untuk membawa nama Negara. Beban besar tentunya ada pada pemuda kelahiran solo 23 tahun lalu ini. Akan tetapi beban tersebut harus menjadi semangat yang positif bukan menjadikannya tertekan. Tentunya kita semua berharap hasil positif dari balapan-balapan yang akan dijalani di tahun 2016 ini.

Harapan Kita Rio akan menjadi Pahlawan Indonesia di masa depan. Mungkin ada yang bertanya, untuk apa memberi dana yang begitu besar untuk seorang pembalap? Untuk pembalap yang pertama kali masuk formula 1 memang dengan sistem Pay Driver. Yaitu pembalap harus membayar atau membawa sponsor dengan nilai tertentu. Untuk Rio, tim yang membawa Rio, Manor Racing meminta 15 juta euro atau setara Rp 225 miliar untuk membalap penuh dalam satu musim. 

Uang senilai itu mungkin besar untuk diawal-awal balapan. Tetapi dampak kedepan, apalagi jika Rio berprestasi di ajang balap mobil bergengsi ini. Tersiarnya nama Indonesia di Dunia, salah satunya akan berdampak pada Pariwisata. Dengan banyaknya turis yang datang ke Indonesia maka akan menaikkan perekonomian bangsa. Mungkin secara tidak langsung akan berdapak pada penyerapan pengangguran. Misalnya dengan banyaknya turis, maka para pedagang makanan, kerajinan dan yang lainnya akan memproduksi barang dagangan lebih banyak. Otomatis akan menyerap tenaga kerja

Memang untuk saat ini Rio masih di tim yang kecil, dan secara matematis sulit naik podium. Tapi dalam balapan apapun bisa terjadi. Masih ingat tahun 2009, BrownGP saat itu masih tim baru dan tidak diperhitungkan. Siapa sangka di akhir musim menjadi Juara Dunia.

Apakah itu juga akan terjadi pada Rio Haryanto dengan Manor Racing? Bisa saja.

sumber gambar : poskotanews.com