_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Wednesday, 23 March 2016

Fans Rio "FIA Curang Tentang Pembalap Favorit"


Setiap seri di Formula 1, FIA otoritas tertinggi membuat voting, siapa pembalap paling favorit di hari balapan tersebut, tidak terkecuali saat balapan di Melbourne Australia 20 Maret 2016. Fans Rio menuduh FIA curang dengan menempatkan pembalap Perancis Romain Grosjean sebagai Favorit dari tim Haas.

Seperti dilansir Reuters, pria asal Prancis itu diumumkan mendapatkan dukungan dari 549.000 suara. Akan tetapi Rio yang berasal dari negara berpenduduk lebih dari 250 juta jiwa hanya mendapatkan dukungan 423.000 suara. Hal itulah yang memantik kecurigaan dari para penggemarnya.

Para Fans menduga Rio telah sengaja dicurangi dalam penghitungan suara voting Driver of the Day. Untuk memperjelas dugaan, gambar data voting yang terakhir mereka lihat pun diunggah melalui Twitter.


Dalam aturannya FIA menetapkan, setiap yang memberi suara di wbsite resmi Formula 1 akan disaring kembali. Satu orang hanya bisa memberikan satu suara. Namun menurut penggemar Rio, Bagaimana FIA secara teknis menentukan itu suara sah atau tidak. Dari masalah ini, FIA menuai kritik.

"Bagaimana mereka tahu jika tu spam? Apakah aturan itu hanya ditujukan bagi dukungan ke Rio? Dia memiliki pengikut yang besar di Indonesia yang masing-masing orang menggunakan komputer," demikian pernyataan penggemar Rio dikutip dari Manor Racing Fan Blog.
Foto:crash.net