_

_
Balapan Selanjutnya, Gran Premi Monster Energy de Catalunya. 17 Juni 2018

Thursday, 24 March 2016

Ada "Sayap" Di Motor Motogp

Winglet adalah semcam sayap yang dipasang di bagian depan motor pada balapan Motogp. Diperkenalkan oleh Ducati awal musim 2015. Setelah uji coba pertama di Qatar, winglet mengalami bebrapa modifikasi yang akhirnya menjadi bentuk seperti yang digunakan pada motor dua pembalap Ducati pada balapan pembuka musim 2016.

Tim-tim lain mencoba memasang pada motor meraka. Yamaha menggunakannya pada september 2015 dan honda pada tes pra musim tahun ini.

Sebenarnya apa Winglet, apakah berpengaruh pada performa motor?

Jika dalam Formula 1, masalah aerodinamis sangat penting, sama pentingnya dengan mesin. Kalo kita lihat di mobi F1, terdapat lekukan-lekuan di badan mobil dan terdapat sayap di depan dan belakang mobil.

Beberapa fungsi sayap tersebut : membuat mobil tetap dai aspal-tidak terbang- meskipun dengan kecepatan tinggi dan tetap stabil saat di tikungan. Karena dengan kecepatan rata-rata 300km/jam dan jika sayap itu lepas maka mobil akan terbang.

Sama seperti di F1 di motogp fungsinya juga agar ban-terutama ban depan- agar tetap di aspal, seperti yang sering kita lihat saat pembalap keluar tikungan biasanya ban depan sampai terangkat. Bahasa kerennya anti-wheelie